Sabtu, 24 Juli 2021
Sabtu, 24 Juli 2021
BJB

Kembangkan Kopi di Ciamis, Dinas Pertanian Luncurkan Aplikasi Skoci

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Pemkab Ciamis melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mengenalkan sebuah platform bernama Skoci. Aplikasi Skoci berbasis online ini berisi informasi seputar kopi asli daerah tatar Galuh.

Tomy Fauzi selaku Kabid Holtikultura dan Perkebunan Dinas pertanian Ciamis, menerangkan bahwa saat ini kopi menjadi salah satu dari 4 komoditas unggulan di Kabupaten Ciamis.

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang banyak diminati oleh para petani. Pengembangan produksi kopi menjadi suatu tuntutan. Mengingat komoditas yang satu ini begitu mendunia.

”Karena potensinya yang begitu besar, maka kami menginisiasi sebuah konsep untuk mewadahi seputar kopi melalui sistem informasi kopi Ciamis atau Skoci,” kata Tomy, Selasa (3/11/2020).

Melalui aplikasi tersebut, siapapun dapat mengetahui informasi seputar kopi asli daerah Ciamis yang digarap oleh para petani, mulai dari kebun sampai hilir.

Tak hanya itu, aplikasi Skoci juga memberikan informasi seputar kedai kopi yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis. Hadirnya aplikasi ini dapat mengembangkan kopi asli daerah.

“Jadi tidak hanya dari petani saja. Tapi kita akan tahu juga kedai ataupun lainnya yang masih berkaitan dengan kopi. Jadi, sangat bagus untuk mengembangkan kopi asli Ciamis,” jelas Tomy.

Aplikasi Skoci Fasilitasi Peningkatan Produksi Kopi

Lebih lanjut Tomy menjelaskan, produksi kopi rata-rata dalam satu tahun mencapai 700 ton untuk yang olahan (green bean) dan tersebar ke 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis.

Sedangkan untuk wilayah yang mendominasi produksi kopi, kata Tomy, antara lain di Kecamatan Rajadesa, Panjalu, Banjanyar, dan kawasan agropolitan lainnya.

Menurut Tomy, adanya Aplikasi Skoci ini akan mempermudah pengembangan kopi asli daerah Ciamis. Namun untuk pengembangannya perlu dukungan berbagai stakeholder.

“Skoci merupakan wadah untuk pengembangan kopi Ciamis. Untuk itu, butuh adanya dukungan semua stakeholder terkait dalam pengembangannya,” terangnya.

Aplikasi Skoci sendiri dapat diakses melalui laman dpkp.ciamiskab.go.id yang berisi tentang data dan informasi, konten terkait pengembangan kopi, serta menu terkait lainnya.

Kehadiran Skoci diharapkan mampu memfasilitasi peningkatan produksi dan meningkatkan kualitas kopi asli daerah Ciamis supaya bisa lebih kompetitif.

Aplikasi Skoci menjadi alat penunjang terhadap perkembangan kopi. Selain itu, menjadi bahan referensi dalam pengambilan kebijakan terkait pengembangan kopi di Kabupaten Ciamis. (Galuh/Evi)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
263PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan