Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

Kemeriahan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional ke-74 di Cipaku Ciamis

Cipaku, galuh.id – Puncak acara peringatan HUT PGRI berlangsung di halaman kantor Kecamatan Cipaku, Buniseuri, Rabu (27/11/2019) pagi, dengan menampilkan hiburan dangdut dan pembagian hadiah perlombaan.

Selain itu, pada kesempatan tersebut diadakan perlombaan jalan sehat yang diikuti para guru dan siswa-siswi jenjang SD, SMP, dan MTS juga masyarakat setempat.

Para peserta pun terlihat antusias dengan dilaksanakannya lomba jalan santai tersebut. Mereka sangat mengapresiasi PGRI Cipaku yang telah menyemarakkan peringatan hari guru dan HUT PGRI.

Totong S.Pd, ketua PGRI Cabang Cipaku, mengatakan, dalam rangka menyambut hari PGRI, setiap tahunnya selalu dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan.

“Pada HUT PGRI yang ke-74, di Kecamatan Cipaku dimeriahkan dengan kegiatan olahraga antar ranting,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan tersebut meliputi voly putra dan putri, olahraga tradisional, futsal, bulutangkis, jalan santai dan lomba karaoke.

Pada acara tersebut, Ketua Panitia, Endang Darman, tampak memandu hiburan diselingi penarikan kupon lucky draw yang berhadiah aneka jenis barang dengan hadiah utama 2 buah sepeda gunung dan kulkas.

Momen pada hari Guru Nasional ini setiap tahunnya selalu dimeriahkan berbagai kegiatan dan mendapat respon luar biasa dari para guru, siswa maupun masyarakat.

Guru adalah ujung tombak sistem pendidikan. Mereka mengajarkan berbagai hal dengan antusias, kesabaran, dan kasih sayang.

Hari Guru Nasional selalu diperingati setiap tanggal 25 November seiring dengan berdirinya PGRI. Tahun ini organisasi guru tersebut telah memasuki usia ke-74.

Hal ini, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 pada tahun 1994, telah menetapkan bahwa Hari Guru Nasional diperingati setiap pada tanggal 25 November. Surat Keppres itu pun menetapkan berdirinya PGRI.

Bahkan, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang menjadi rumah para guru ini sendiri dibentuk tak selang berapa lama dari peristiwa proklamasi RI 1945.

Dilansir dari berbagai sumber, PGRI adalah sebuah organisasi yang awalnya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini pertama kali didirikan pada 1912. Organisasi itu merupakan simbol perjuangan para guru di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. (GaluhID/Dhi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...