Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020
 
 

KNPI Ajak Pemuda di Ciamis Tanam Pohon dan Berkebun

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Ketua DPD KNPI Kabupaten Ciamis Tohirin mengajak kepada para pemuda untuk tanam pohon dan berkebun. Karena berkebun menentukan ketahan pangan masa depan.

Hal itu disampaikan Tohirin dalam kegiatan ngebon dan ngawangkon yang digelar di Agrowisata Cibungureun Leuwikeris, Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Rabu (28/10/2020).

”Kita harus memanfaatkan kebun kosong. Jangan biarkan lahan kosong. Tanami dan penuhi dengan pohon dan sandang pangan,” katanya.

Tohirin menuturkan, KNPI Ciamis bersama Karang Taruna, DPC PPPN Ciamis dan organisasi mahasiswa menggelar kegiatan ngebon dan ngawangkon dalam rangka Sumpah Pemuda.

Dimana dalam kegiatan ini, salah satu agendanya adalah diskusi dan penanaman pohon porang.

Menurutnya, kegiatan ngebon dan ngawangkon ini merupakan bukti nyata pemuda di Ciamis. Karena biasanya ngebon atau berkebun dilakukan oleh orang yang sudah berusia tua.

”Sehingga ngebon identik dengan orang yang telah berusia tua. Padahal pemuda juga harus bisa berkebun. Untuk kehidupan masa depan,” ucap Tohirin.

Tanam Pohon dan Berkebun Untuk Ketahanan Pangan

Lebih lanjut Tohirin menjelaskan kegiatan menanam pohon ini merupakan bagian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda. Untuk itu, para pemuda jangan malu untuk terjun berkebun.

Karena dengan berkebun, kata Tohirin, bisa menentukan ketahanan pangan masa depan.

Tohirin mengajak kepada para pemuda agar jangan membiarkan lahan kosong. Penuhi lahan dengan sandang pangan. Apalagi masa pandemi membuat ekonomi menurun drastis.

”Kita harus memanfaatkan kebun kosong. Untuk menanam pohon dan sandang pangan. Pandemi ini telah membuat ekonomi menurun drastis,” tutur dia.

Dalam kegiatan ngawangkon atau diskusi tersebut, pihaknya juga mengajak kepada seluruh pemuda dan masyarakat untuk berpikir bagaimana agar ketahan pangan bisa tercukupi.

Sebagai upaya memikirkan agar ketahanan pangan tercukupi untuk kehidupan nanti, pihaknya akan berdiskusi dengan rekan-rekan pemuda, Pertanian, DPRD, serta akademisi.

Dalam kegiatan itu hadir pula Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar, Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan, anggota DPRD Ciamis Nurmutaqin, serta beberapa organisasi mahasiswa Ciamis. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Prediksi Boruto Chapter 53, Jougan Boruto Aktif dan Kawaki Mendapatkan Kembali Kekuatan Karmanya

Prediksi Boruto Chapter 53 sepertinya masih akan berkutat pada pertempuran epik antara Naruto melawan Isshiki. Hal ini pastinya membuat...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 Mampu Menarik Perhatian Berbekal Quad Kamera

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada pasar Indonesia. Banyak orang yang mengetahui brand asal Korea Selatan...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Liverpool Menang 1-0 Atas Ajax, The Reds Kantongi Tiket 16 Besar Liga Champions

Liverpool menang 1-0 atas Ajax dalam matcday ke 5. Dengan begitu, The Reds pastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Akses www.pln.co.id Klaim Listrik Gratis Bulan Desember 2020

Akses www.pln.co.id untuk klaim listrik gratis pada bulan Desember 2020. Saat ini pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih memberikan subsidi listrik.