Minggu, 25 Juli 2021
Minggu, 25 Juli 2021
BJB

Komisi D DPRD Ciamis Dukung RSUD Kawali Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ditetapkan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 dengan fasilitas yang memadai.

Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis Yogi Permadi pun mendukung kebijakan tersebut.

Menurutnya, sudah menjadi keharusan Kabupaten Ciamis menambah kuota ruang isolasi yang layak untuk tangani pasien Covid-19.

“Saya mendukung RSUD Kawali menjadi tempat isolasi pasien Covid-19, dan pemerintah harus mempersiapkan semua fasilitas yang diperlukan,” ucap Yogi, Kamis (24/6/2021).

Ia menegaskan, kurangnya fasilitas penunjang di tempat isolasi akan menjadi masalah bagi pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Corona.

Jika penunjukkan RSUD Kawali sebagai tempat isolasi Covid-19 ternyata tidak memenuhi standar, maka hal tersebut akan berdampak pada pelayanan pasien.

“Oleh karena itu, apa pun dan bagaimana pun caranya, pemkab Ciamis harus memenuhi segala fasilitas penunjang untuk isolasi pasien Covid-19 di RSUD Kawali,” ujarnya.

Namun, apabila rumah sakit ini belum memenuhi persyaratan, maka harus mendorong agar memenuhi persyaratan yang memadai untuk menangani pasien Covid-19.

Fasilitas RSUD Kawali Siap Tangani Pasien Covid-19

Kabar sebelumnya, pemkab Ciamis menyiapkan RSUD Kawali untuk penanganan pasien Covid-19.

Rumah sakit ini akan menjadi RS yang merawat pasien Covid-19 sebagai antisipasi kondisi sekarang, dimana BOR (bed occupancy rate) RS Covid tinggi di Ciamis dan daerah lain tinggi.

RSUD Kawali akan mulai beroperasi Rabu 23 Juni 2021 untuk merawat pasien Covid-19. Selain itu, untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Corona.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengungkapkan, fasilitas RSUD Kawali serta paramedisnya saat ini sudah siap menangani pasien Covid-19.

Jumlah tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit Kawali ini sebanyak 30 persen dari jumlah tempat tidur keseluruhan.

Dua puluh tempat tidur dari 30 persen kapasitas RSUD Kawali, kata Herdiat, bisa untuk perawatan pasien Covid-19.

Direktur RSUD Kawali Yosi Garniwa, mengatakan rumah sakit Kawali sementara ini hanya beroperasi untuk penanganan pasien Covid-19.

Rencananya, kata Yosi, RSUD Kawali juga akan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 yang penempatan sebelumnya di Islamic Center Ciamis. (GaluhID/Rizal)

Editor : Evi

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
263PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan