oleh

Partisipasi Sensus Penduduk Online, Ciamis Tempati Posisi ke-4 di Jabar

Hubungi
 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Partisipasi masyarakat Kabupaten Ciamis dalam sensus penduduk online (SPO) menempati posisi 4 teratas se-Jawa Barat.

hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Kasi Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis, Adih Kusnadi.

Menurutnya, dari mulai sensus penduduk online dilaksanakan sejak tanggal 15 Februari 2020 sampai tanggal 30 Maret 2020 yang telah mengisi SP online mencapai 80,54 persen kartu keluarga (KK) di Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulilah partisipasi masyarakat Ciamis dalam mengisi SP online ini sangat bagus. Berdasarkan data dari BPS Jabar, hingga tanggal 30 Maret secara de facto Kabupaten Ciamis mencapai 24,52 persen KK,” kata Adih, kepada Galuh ID melalui seluler, Selasa (31/3/2020).

Adih mengatakan, dari capaian 24,52 persen, target SP online di Kabupaten Ciamis sebanyak 30 persen, saat ini tinggal sedikit lagi tercapai.

“Untuk target sedikit lagi tercapai. Mungkin dengan kondisi saat ini darurat covid 19, masyarakat jadi tidak fokus untuk mengisi SP online,” katanya.

Target 30 persen untuk SP online di Kabupaten Ciamis saat ini memang sedikit lagi tercapai. Maka dari itu, Adih mengimbau kepada masyarakat yang belum mengisi SP online agar segera ikut berpartisipasi mengisinya dalam link http://sensus.bps.go.id.

“Nantinya akan ada 21 pertanyaan yang harus di isi dalam situs tersebut. Jadi masyarakat tinggal mempersiapkan KK, NIK, nomor akta atau buku nikah baik cerai maupun yang sudah menikah,” tegasnya.

Sensus Penduduk Online Diperpanjang

Adih menambahkan, berdasarkan informasi terbaru dari BPS Pusat bahwa sensus penduduk online diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Hal tersebut dikarenakan saat ini sedang darurat Covid-19.

“Tadinya SP online ini berakhir hari ini tanggal 31 Maret 2020, namun info terbaru dari BPS Pusat SP online akan diperpanjang sampai tanggal 29 Mei 2020,” ucapnya.

Dengan diperpanjangnya SP online ini, Adih berharap, bisa melampaui target yang ditetapkan sebanyak 30 persen SP online bagi Kabupaten Ciamis.

“Kalau diperpanjang waktunya, pasti target akan cepat tercapai, karena ini juga tinggal sedikit lagi melampaui target,” pungkasnya. (GaluhID/Ramdani)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA