Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

KPM PKH Kecamatan Kawali Ciamis Mengikuti G-KBKS

Berita Kawali, galuh.id – Kecamatan Kawali Ciamis, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) antusias mengikuti sosialisasi program Gerakan Kembali Belajar Kembali Sekolah.

Pendidikan merupakan salah satu yang bisa merubah pola pikir seseorang, sehingga bisa menjadi bekal untuk memperbaiki kondisi ekonomi seseorang.

Sehingga perlu adanya suatu kegiatan untuk meningkatkan minat belajar tersebut, diantaranya dengan program Gerakan Kembali Belajar Kembali Sekolah (G-KBKS).

Kegiatan yang berlangsung pada Hari Selasa (11/02/2020) bertempat di Aula Kecamatan Kawali tersebut diikuti oleh perwakilan Ketua Kelompok KPM PKH Kecamatan Kawali.

Selain diikuti oleh Ketua Kelompok KPM PKH Kecamatan Kawali, turut menjadi peserta Kasi Pelayanan dari setiap desa yang berada di Kecamatan Kawali.

Pada kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Camat Kawali, Koordinator PKH Wilayah 1 Kabupaten Ciamis. Selain itu Pendamping Sosial Kabupaten Ciamis dan Pendamping Sosial Kecamatan Kawali.

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan tersebut dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Pandu Mandiri Ciamis.

“Pendidikan adalah salah satu yang bisa mengubah pola pikir dan sosial ekonomi seseorang,” jelas Koordinator PKH Kecamatan Kawali Esti Lia Ruchmayati.

Menurut Esti, tidak semua orang bisa mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi karena keterbatasan biaya. Sehingga banyak yang tidak menuntaskan program wajar 12 tahun.

Esti menambahkan jumlah KPM PKH di Kecamatan Kawali sebanyak 1.305 orang dan sebanyak 80 orang menyatakan siap untuk menuntaskan pendidikan.

Esti memastikan jumlah yang siap menuntaskan pendidikan tersebut tentunya akan semakin bertambah dengan banyaknya Pos Pelayanan (Posyan) di Kecamatan Kawali.

Camat Kawali, Drs. Heryana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada PKH karena kegiatan tersebut sangat membantu proses pelaksanaan tugas di wilayah Kecamatan Kawali Ciamis.

“Terima kasih kepada PKH, karena dengan kegiatan seperi ini sudah sangat membantu kami, sehingga kami berharap Kawali menjadi bebas buta aksara,” jelasnya.

Kecamatan Kawali Ciamis Merupakan Ketujuh yang Mencanangkan G-KBKS

Sementara itu Koordinator PKH Wilayah 1 Kabupaten Ciamis Indra Maulana, S.IP.,M.M., menyampaikan bahwa Kawali merupakan kecamatan ketujuh yang mencanangkan G-KBKS.

“Alhamdulilah ini sudah yang ketujuh, dan ini akan menjadi contoh yang efektif bagi anak-anak KPM. Tentunya dalam proses pembelajaran seperti yang tercantum dalam modul pertemuan bulanan,” jelas Indra.

Indra menambahkan, KPM PKH memiliki kewajiban untuk mengikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). Pertemuan tersebut digelar setiap bulan dan pada pertemuan tersebut terdapat pembekalan.

“Pada pertemuan tersebut terdapat materi salah satunya pada modul 1 yaitu Pengsuhan dan Pendidikan Anak. Diharapkan dengan gerakan ini KPM PKH bisa memberikan contoh langsung pada anak-anaknya,” jelas Indra.

Indra mengucapkan terima kasih pada seluruh jajaran Kecamatan Kawali dan Pemerintah Desa yang ikut serta berkontribusi mensukseskan pelaksanaan PKH di Kawali.

“Dengan G-KSKB ini besar harapan kami dapat ikut berkontribusi menaikan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Ciamis, sejalan dengan yang sedang digalakan oleh Bapak Bupati Ciamis,” pungkas Indra. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

FKR-4 Priangan Timur Gelar The Big Reunion di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - FKR-4 Priangan Timur gelar acara silaturahmi akbar bertitel The Big Reunion bertempat di Saung Sambal Hejo Tasikmalaya, Sabtu...

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...