oleh

KPM PKH Kecamatan Kawali Ciamis Mengikuti G-KBKS

Hubungi
 
 

Berita Kawali, galuh.id – Kecamatan Kawali Ciamis, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) antusias mengikuti sosialisasi program Gerakan Kembali Belajar Kembali Sekolah.

Pendidikan merupakan salah satu yang bisa merubah pola pikir seseorang, sehingga bisa menjadi bekal untuk memperbaiki kondisi ekonomi seseorang.

Loading...

Sehingga perlu adanya suatu kegiatan untuk meningkatkan minat belajar tersebut, diantaranya dengan program Gerakan Kembali Belajar Kembali Sekolah (G-KBKS).

Kegiatan yang berlangsung pada Hari Selasa (11/02/2020) bertempat di Aula Kecamatan Kawali tersebut diikuti oleh perwakilan Ketua Kelompok KPM PKH Kecamatan Kawali.

Selain diikuti oleh Ketua Kelompok KPM PKH Kecamatan Kawali, turut menjadi peserta Kasi Pelayanan dari setiap desa yang berada di Kecamatan Kawali.

Pada kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Camat Kawali, Koordinator PKH Wilayah 1 Kabupaten Ciamis. Selain itu Pendamping Sosial Kabupaten Ciamis dan Pendamping Sosial Kecamatan Kawali.

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan tersebut dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Pandu Mandiri Ciamis.

“Pendidikan adalah salah satu yang bisa mengubah pola pikir dan sosial ekonomi seseorang,” jelas Koordinator PKH Kecamatan Kawali Esti Lia Ruchmayati.

Menurut Esti, tidak semua orang bisa mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi karena keterbatasan biaya. Sehingga banyak yang tidak menuntaskan program wajar 12 tahun.

Esti menambahkan jumlah KPM PKH di Kecamatan Kawali sebanyak 1.305 orang dan sebanyak 80 orang menyatakan siap untuk menuntaskan pendidikan.

Esti memastikan jumlah yang siap menuntaskan pendidikan tersebut tentunya akan semakin bertambah dengan banyaknya Pos Pelayanan (Posyan) di Kecamatan Kawali.

Camat Kawali, Drs. Heryana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada PKH karena kegiatan tersebut sangat membantu proses pelaksanaan tugas di wilayah Kecamatan Kawali Ciamis.

“Terima kasih kepada PKH, karena dengan kegiatan seperi ini sudah sangat membantu kami, sehingga kami berharap Kawali menjadi bebas buta aksara,” jelasnya.

Kecamatan Kawali Ciamis Merupakan Ketujuh yang Mencanangkan G-KBKS

Sementara itu Koordinator PKH Wilayah 1 Kabupaten Ciamis Indra Maulana, S.IP.,M.M., menyampaikan bahwa Kawali merupakan kecamatan ketujuh yang mencanangkan G-KBKS.

“Alhamdulilah ini sudah yang ketujuh, dan ini akan menjadi contoh yang efektif bagi anak-anak KPM. Tentunya dalam proses pembelajaran seperti yang tercantum dalam modul pertemuan bulanan,” jelas Indra.

Indra menambahkan, KPM PKH memiliki kewajiban untuk mengikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). Pertemuan tersebut digelar setiap bulan dan pada pertemuan tersebut terdapat pembekalan.

“Pada pertemuan tersebut terdapat materi salah satunya pada modul 1 yaitu Pengsuhan dan Pendidikan Anak. Diharapkan dengan gerakan ini KPM PKH bisa memberikan contoh langsung pada anak-anaknya,” jelas Indra.

Indra mengucapkan terima kasih pada seluruh jajaran Kecamatan Kawali dan Pemerintah Desa yang ikut serta berkontribusi mensukseskan pelaksanaan PKH di Kawali.

“Dengan G-KSKB ini besar harapan kami dapat ikut berkontribusi menaikan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Ciamis, sejalan dengan yang sedang digalakan oleh Bapak Bupati Ciamis,” pungkas Indra. (GaluhID/Ardiansyah)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA