Rabu, Februari 28, 2024

Kriteria Pemimpin Ibu Kota Baru Menurut Jokowi, Arsitek?

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Nasional, galuh id – Kriteria pemimpin Ibu Kota Baru (IKN) menurut Presiden Jokowi memiliki pengalaman di bidang arsitek dan pernah memimpin daerah.

“Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya, pada Maret 2022 Jokowi sempat menyebutkan sejumlah nama, mulai dari mantan kepala daerah hingga mantan pejabat menteri.

Adapun nama-nama yang muncul seperti eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau lebih dikenal Ahok, juga mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Sejumlah menteri juga Jokowi sebutkan seperti mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana, juga mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro.

Kendati demikian, dengan kriteria pemimpin Ibu Kota Baru yang Jokowi sebutkan baru-baru ini tentu menggugurkan empat sosok tersebut, mengingat mereka tidak memiliki background sebagai arsitek.

Para peserta pertemuan yang hadir saat itu sempat bertanya ke Jokowi apakah kandidat itu bersuku Sunda, namun Jokowi hanya membalas dengan senyuman.

Berbicara mengenai perpindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara, pemimpin tidak berupa kepala daerah melainkan oleh otorita.

Kepala Otorita sendiri memiliki jabatan setingkat menteri yang dipilih oleh presiden dan menjabat selama lima tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Stefano Lilipaly Gacor Gol dan Assist di Liga 1, STY Kepincut?

Galuh.id- Performa Stefano Lilipaly dalam mencetak gol dan memberikan assist oleh semakin gacor dalam tiga pertandingan terakhir Borneo FC...

Artikel Terkait