Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

Kriteria Pendaftar Kartu Pra Kerja yang Bakal Lolos Seleksi

Berita Nasional, galuh.id – Direktur Komunikasi Program kartu Pra Kerja, Panji Winanteya Ruky menyebut, ada dua kategori yang dipertimbangkan lolos seleksi kartu Pra Kerja.

Pertama, adalah pekerja formal maupun informal dan pelaku usaha kecil mikro yang telah didata sebagai kelompok terdampak pandemi Covid-19.

Diantaranya, seperti terkena pemberhentian kerja (PHK), dirumahkan, atau kehilangan penghasilan.

Sementara yang kedua, adalah masyarakat umum atau WNI yang berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Pekerja dan Wirausaha Kecil Jadi Prioritas

Kendati demikian, saat ini kartu Pra Kerja diprioritaskan untuk kelompok pertama. Yakni pekerja dan wirausaha kecil mikro yang terdampak pandemi Corona.

Namun, jangan khawatir. Sebab, masih ada sebagian kecil dari kuota kartu Pra Kerja yang diberikan untuk pendaftar umum.

Panji menerangkan, bagi mereka yang menjadi korban PHK, ada beberapa syarat yang harus ditempuh saat melakukan pendaftaran program kartu Pra Kerja.

Salah satunya, adalah harus mendeklarasikan berisi informasi dirinya, saat melakukan pendaftaran.

“Deklarasi akan diminta jika dia terkena PHK atau merupakan seorang wirausaha,” terang Panji, di laman Kompas, Kamis (30/4/2020)

Lebih lanjut Panji menerangkan, jika pendaftar seorang wirausaha, maka ia harus menyebutkan dampak pandemi Covid-19 terhadap usahanya.

“Misalnya omset turun karena usaha tutup sementara. Atau tidak bisa membayar gaji pegawai,” jelas Panji.

Kelengkapan dan kesesuaian data dari pendaftar itulah, tambah Panji, yang nantinya menjadi pertimbangan dalam seleksi program kartu Pra Kerja.

Sementara itu, pendaftaran kartu Pra Kerja kini akan segera memasuki gelombang keempat.

Peserta yang tak lolos di gelombang ketiga, bisa kembali mendaftar dengan informasi update di situs resmi www.prakerja.go.id.

Sebagai informasi, pendaftaran kartu Pra Kerja gelombang ketiga, resmi ditutup pada 30 April 2020.

Login ke situs resmi www.prakerja.go.id adalah cara yang masih bisa digunakan untuk mendaftar kartu Pra Kerja gelombang 4.

Untuk diketahui, gelombang 4 nanti akan memprioritaskan pembagian senilai Rp 3,5 juta bagi mereka yang menjadi korban PHK.

Selain itu, kartu Pra Kerja gelombang 4 juga akan memprioritaskan orang yang kehilangan penghasilan akibat pandemi Corona di Indonesia. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,398FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Ribuan Surat Suara Dimusnahkan KPUD Ciamis

Ciamis, galuh.id - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciamis memusnahkan surat suara yang sudah rusak dan cacat dengan cara dibakar. Pembakaran...

Tak Pernah Tumbang, Persitas Tasikmalaya Tundukkan Persima Majalengka 3-1

Info Liga 3, galuh.id - Persitas Tasikmalaya kembali berjaya setelah menumbangkan Persima Majalengka dengan skor 3-1, di Stadion Wiradadaha, Kamis (03/10/2019).

PT KAI Ajak Warga Ciamis Jaga Sarana Penunjang Kereta Api

Ciamis, galuh.id - PT KAI mengajak warga Ciamis untuk menjaga sarana dan prasarana kereta api. Deputy Executive Vice President...

Lingkungan Perkantoran Ciamis Sering Dipakai Gelap-gelapan Pasangan Non Muhrim

Berita Ciamis, galuh.id – Rupanya sudah menjadi rahasia umum jika di belakang komplek perkantoran Ciamis tepatnya di Kelurahan Kertasari, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa...

Kasus Penggelapan Eks Dekan Fikes Unigal Ciamis Terus Berlanjut

Ciamis, galuh.id,- Mantan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Galuh (Unigal), TJ, telah terbukti bersalah dan divonis hukuman penjara. Penanganan kasus mantan...