oleh

Kuliner Hits Ciamis, Murah dan Diburu Pecinta Jajanan

 
 

Kuliner hits Ciamis amat beragam. Setidaknya bukan hanya sajian khas Sunda saja yang banyak dijajakan para penjual makanan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Selain colok gembrung dan makanan tradisional lainnya, jenis kuliner baru juga ‘menyerbu’ lidah orang Ciamis. Sebut saja ayam geprek. Menu yang satu ini seolah tak ada matinya. Hampir tiap hari ada penjual ayam geprek baru di Ciamis.

Namun, ayam geprek nampaknya bukan hanya lagi ‘happening’ di Ciamis saja. Di berbagai daerah menu ayam tepung yang dilumuri sambal cabe pedas ini jadi favorit pecinta makanan.

Kebangkitan kuliner Ciamis ditandai dengan adanya grup kuliner di Media Sosial, salah satu yang populer adalah grup Facebook Wisata Kuliner Ciamis atau yang akrab disebut Wiskul. Keberadaan grup yang satu ini bahkan menarik perhatian hacker yang kemudian mengambil alih akun Wiskul.

Baca Juga: Ini Keistimewaan Manuk Londo Ciamis, Menu Andalan Cobek Beti

Lewat laman Facebook Wiskul, Galuh ID rangkum kuliner hits Ciamis yang banyak diburu pecinta makanan:

Ndogs Gulung

Ndog Gulung. Foto: Istimewa

Membangkitkan kenangan masa kecil memang menarik, setidaknya itu yang dilakukan owner Ndogs Gulung di Ciamis. Ndogs sendiri merujuk pada telur dalam Bahasa Sunda. Yap, Ndogs Gulung tak lain adalah telur gulung yang dibranding sedemikian rupa oleh pemiliknya sehingga tampak kekinian.

Satu hal yang menarik, owner mengemasnya dalam satu wadah yang ditempeli semacam kata mutiara. Hmmm, kata mutiara tampaknya kurang tepat, karena ada juga kalimat motivasi atau bahkan kalimat ‘hereuy’ alias bercanda.

Gerobak Ndogs Gulung bisa Anda temukan di depan Stadion Galuh Ciamis dan di Jalan Malaber tepat di samping BRI Maleber.

Bagi Anda, generasi ‘old’ yang belum pernah membeli jajanan yang satu ini, Anda mesti mencobanya, setidaknya untuk mengenang jajanan yang bisa Anda temukan saat duduk di Sekolah Dasar. Harganya? Cuma Rp 1.000 per satu tusuk Ndogs Gulung.

Cireng Endol Surendol

Cireng Endol Surendol. Foto: Istimewa

Galuh ID pernah membahas kuliner hits Ciamis yang satu ini. Selain perjuangan pemiliknya yang menjadi inspirasi bagi pengusaha kuliner lainnya, jajanan yang satu ini terbilang unik.

Bagi Anda yang sering jajan cireng, pasti pernah mendapati cireng yang keras, tentunya sangat susah untuk dinikmati. Namun Cireng Endol Surendol diolah dengan cara berbeda.

Cireng yang merupakan akronim dari ‘Aci Digoreng’ ini, diberi isi dengan rasa berbeda. Anda bisa mencoba cireng isi daging ayam original, cireng isi ayam pedas, cireng isi jando, dan cireng isi daging sapi.

Kelebihan lainnya, acinya tidak akan terasa keras, sebaliknya terasa kenyal dan gurih. Apalagi ditambah isiannya yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda. Harganya pun cukup murah, biasa dijual satuan Rp 2.500.

Anda bisa menemukannya di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis, lewat gerobaknya yang khas, tulisan ‘Cireng Endol Surendol’ dengan nuasa warna hijau bisa Anda temukan sampai pelosok Ciamis. Kalau di lingkungan Kota Ciamis, Anda bisa menemukannya di kawasan RSUD Ciamis.

Takoyaki Mang Ntang

Takoyaki Mang Ntang. Foto: Istimewa

Mang Ntang, selain dikenal sebagai pengusaha kuliner sebenarnya juga pegiat seni, namun kiprahnya di bidang jajanan mewarnai dunia kuliner Ciamis.

Sebelum mengenalkan Takoyaki, pemilik nama asli Tatang Supriadi ini sempat populer dengan kuliner khas Cirebon-nya, apalagi kalau bukan Tahu Gejrot. Mang Ntang menamainya dengan Tahu Gejrot Bohay, lantaran kuliner hits Ciamis ini porsinya cukup banyak.

Sesuai namanya, takoyaki bukanlah makanan khas Sunda, makanan ini berasal dari Jepang. Mang Ntang secara ekstrim menyebutnya bala-bala jepang. Terkadang di laman Facebooknya, dia memamerkan baby gurita yang menjadi bahan dasar takoyaki yang dibuatnya.

Jika Anda ingin mencicipinya, takoyaki Mang Ntang bisa Anda temukan di kawasan Stadion Galuh Ciamis. Galuh ID sarankan Anda menyantapnya saat hangat.

Kupat Tahu

Kupat Tahu. Foto: Istimewa

Galuh ID pernah menyebut Ciamis sebagai kotanya Kupat Tahu, tak lain karena setiap pengkolan Kota Ciamis, selalu ada saja penjual kupat tahu.

Makanan populer ini memang simple, bahannya hanya kupat, tahu, kadang ada yang menambahnya dengan kecambah dan mentimun, lalu dicampur dengan saus kacang. Namun, untuk menemukan kupat tahu original, yang bumbu kacangnya tidak dibelender agak sulit.

Makanan yang satu ini biasa disantap sebagai menu sarapan, mungkin kepopuleran kupat tahu di Ciamis hanya bisa disaingi oleh bakso.

Penjual kupat tahu sekarang biasanya juga menjual lengko ayam, kedua-duanya memang sama memakai bahan dasar kupat.

Harganya bervariasi, Galuh ID pernah menemukan kupat tahu dijual masih dengan harga Rp 6.000 untuk satu porsi.  Tetapi, rata-rata penjual kupat tahu membanderolnya dengan harga Rp 8.000 sampai Rp 10.000.

Itulah kuliner hits Ciamis yang banyak diburu penikmat makanan. Masih banyak lagi jajanan yang menjadi favorit warga Ciamis, Anda bisa membaginya di kolom komentar ya. Jangan lupa jajan dan makan siang. (GaluhID/Ndu)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA