Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Liga 3 2020 Akan Digulirkan, Berikut Teknis dan Format Kompetisi

Info Liga 3, galuh.id – Liga 3 2020 Kompetisi kasta ketiga sepak bola Indonesia mulai menemui titik terang setelah pertemuan virtual PSSI dengan Asosiasi Provinsi (Asprov).

Pertemuan yang berlangsung kemarin sore, Senin (22/6) membahas terkait kompetisi semi profesional itu yang selama ini selalu di anak tiri-kan.

Berbeda dengan Liga 1 dan Liga 2 yang, nasib kompetisi Liga 3 2020 menggantung dan tiada kejelasan karena mewabahnya virus Corona di Indonesia bahkan dunia.

Rapat virtual tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan.

Ia juga didampingi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jendral Yunus Nusi dan diikuti oleh seluruh pengurus Asprov PSSI dari 34 anggota.

Rapat yang membahas soal langkah-langkah Liga 3 2020 dimulai sejak pukul 14.00 dan berakhir sekitar pukul 17.00 WIB.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam sambutanya menyampaikan kepada Asprov terkait pelaksanaan Liga 3 2020. Apakah akan digulirkan atau tidak.

Iwan Bule, sapaan akrab Mochammad Iriawan kemudian memberikan wewenang kepada Yunus Nusi sebagai Plt Sekjen untuk memimpin diskusi dengan Asprov.

Liga 3 2020 Disetujui Asprov PSSI Digulirkan

Pada diskusi tersebut, sebagai besar Asprov PSSI setuju untuk Liga 3 digulirkan, setelah sebelumnya saling melemparkan pendapat, saran dan pandangan lainnya.

“sebagai Ketua Umum PSSI, saya senang kalau Liga 3 dapat bergulir sebagaimana kami melanjutkan Liga 1 dan Liga 2,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, seperti dikutip dari laman PSSI.

Lebih lanjut Iwan menjelaskan bahwa, apabila Liga 3 bergulir maka harus mengikuti protokoler kesehatan yang ada seperti yang telah dianjurkan untuk bergulir kembalinya Liga 1 dan Liga 2.

Pihaknya mengapresiasi kinerja Asprov untuk kemajuan sepak bola Indonesia, yang merupakan ujung tombak PSSI di daerah untuk membina sepak bola terutama pembinaan usia muda.

Apresiasi dari Iwan Bule ini pun diamini oleh Plt Sekjen PSSI. Yunus Nusi mengatakan bahwa Liga 3 2020 adalah bagian dari uji kompetensi bagi para pemain muda.

Apalagi menurutnya hal ini sesuai dengan program kerja PSSI tahun 2020. Program tersebut tentang kompetisi yang telah disahkan pada Kongres PSSI di Bali pada awal tahun ini.

Format Kompetisi Liga 3 2020

Selain soal akan bergulirnya Liga 3, dari hasil rapat virtual tersebut didapati juga putusan soal teknis dan format kompetisi.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Asprov Jawa Tengah Edi Sayudi, mengatakan bahwa pihaknya sepakat kompetisi Liga 3 tetap diselenggarakan. Hal tersebut dengan format kompetisi home turnamen.

Dia pun menjelaskan lebih jauh bahwa bila format tersebut tidak bisa dilaksanakan maka pihaknya memberikan usulan. Hal ini agar segera mencari format lain yang memungkinkan.

Selanjutnya teknis dan format tim Liga 3 ini akan kembali digodok pada rapat dengan Komite Eksekutif. Hal tersebut akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI.

Klub Asal Yogyakarta Menyambut hangat Bergulirnya Liga 3

Dikutip dari laman tribunnews, dua klub asal Daerah Istimewa Yogyakarta yakni Sleman United dan Persiba Bantul menyambut hangat bergulirnya Liga 3.

Akan tetapi keduanya masih menunggu kepastian dari PSSI terkait nasib kompetisi Liga 3 2020.

Terkait hal tersebut, manajer Sleman United, Handoko Susanto sangat mengapresiasi Asprov PSSI Yogyakarta yang telah menghadiri rapat virtual tersebut.

“Kami dari Sleman United siap berkompetisi di Liga 3. Tapi masih menunggu surat resmi maupun tanggal pelaksanaan dari Asprov PSSI DIY maupun PSSI pusat,” kata Handoko, Selasa (24/6/2020) kepada laman tribun jogja.

Sementara itu dari Persiba Bantul, melalui Manajer Operasional, Rumawan menyambut positif bergulirnya kompetisi Liga 3 2020.

Tim yang berjulukan Laskar Sultan Agung ini dipastikan siap bersaing andai kompetisi benar akan digulirkan.

Namun, sejauh ini manajemen Persiba belum dapat menentukan langkah yang akan diambil termasuk penentuan pelatih maupun perekrutan pemain.

Kondisi ini akan disesuaikan terlebih dahulu sebelum ada surat resmi terkait kepastian nasib Liga 3 2020. (GaluhID/Dhi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

PSSI Akan Terbitkan SK Liga 1, 2 dan 3, Seperti Apa Isinya?

Berita Olahraga, galuh.id - PSSI akan segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) mengenai kelanjutan Liga 1, 2 dan 3 musim 2020.

Waspada Virus Corona, PSGC Ciamis Pilih Libur Latihan

Berita PSGC, galuh.id - Pemerintah Kabupaten Ciamis, menutup sementara penggunaan fasilitas gedung negara. Hal itu untuk waspada virus Corona.

Dipantau Heri Rafni Kotari, 23 Pemain Ikuti Seleksi PSGC Ciamis

Berita PSGC, galuh.id - Sebanyak 23 pemain tengah mengikuti latihan dan seleksi untuk memperkuat tim PSGC Ciamis dalam kompetisi tahun ini.

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...