Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021
BJB

Login www.pln.co.id, Cara Klaim Token Listrik Gratis

spot_img

Berita Nasional, galuh.id – Login www.pln.co.id merupakan salah satu cara untuk mendapatkan token listrik gratis bagi pelanggan listrik PT. PLN (Persero).

Adanya pandemi virus Corona (Covid-19) yang berdampak pada berbagai tatanan kehidupan, membuat pemerintah mengucurkan berbagai bantuan.

Selain bantuan berupa uang tunai dan juga sembako, melalui PT. PLN (Persero), pemerintah memberikan bantuan pada masyarakat pengguna listrik.

Beberapa pelanggan listrik pasca bayar golongan tertentu mengakui mendapatkan bantuan listrik gratis, sehingga beberapa bulan ini tidak ada tagihan.

Salah satu warga Ciamis Rani mengakui sejak pandemi virus Corona (Covid-19) dirinya tidak membayar biaya listrik karena tidak ada tagihan.

“Daya listrik saya satu paket, beberapa bulan ini sejak adanya virus Corona tidak ada tagihan,” ungkap Rani.

PT. PLN (Persero) juga memberikan bantuan subsidi listrik pada pelanggan pra bayar non subsidi yang menggunakan token.

Adanya bantuan listrik gratis di tengah pandemi saat ini turut membantu meringankan masyarakat terlebih yang terdampak langsung.

Seperti pada beberapa masyarakat yang dirumahkan oleh perusahaannya karena adanya pandemi virus Corona (Covid-19).

Selain itu bantuan listrik gratis dirasakan membantu para pedagang kecil atau pengusaha kecil yang pendapatannya menurun drastis.

Login www.pln.co.id Salah Satu Cara Klaim Token

Untuk pelanggan yang sudah menggunakan meteran token atau pulsa bisa melakukan atau mengecek sendiri apakah mendapatkan bantuan atau tidak.

Bantuan gratis bukan dari pemerintah saja, kini terdapat bantuan dari pihak lain yang yaitu dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB).

Untuk pelanggan yang ingin mendapatkan token gratis atau subsidi token terlebih dahulu harus log in www.pln.co.id pada web resmi PLN.

Pelanggan pra bayar golongan tertentu akan mendapatkan gratis pemakaian, namun untuk yang subsidi hanya diberikan bantuan maksimal Rp. 100 ribu.

Untuk daftar listrik gratis non subsidi dari YCAB pada Juni 2020, kuotanya sebanyak 40 ribu pelanggan, dan melalui proses verifikasi.

Namun prosesnya juga sama seperti bantuan gratis dari pemerintah pada golongan tertentu yaitu harus login www.pln.co.id.

Menurut Founder dan CEO YCAB Veronica Colondam, data yang masuk untuk pendaftaran donasi listrik pada Juni 2020 sebanyak 42.483 penerima.

Jumlah rekening listrik yang telah melalui proses verifikasi tersebut kemudian diserahkan pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero).

“Klaim token subsidi ini tidak otomatis langsung masuk pada rekening penerima donasi karena harus mengikuti sistem,” jelas Veronica.

Sistem tersebut menurut Veronica, system PLN , sehingga pihaknya mengikuti sistem yang diterapkan oleh PLN.

Veronica menambahkan untuk menambahkan donasi tersebut salah satunya harus masuk pada web site resmi PLN yaitu login www.pln.co.id.

Cara Akses Melalui Web Resmi PLN

Pelanggan bisa mencoba langsung untuk mendapatkan token gratis maupun token subsidi dari YCAB yang sedang  membuat gerakan Light Up Indonesia.

Jika memang sesuai dengan kriteria dari pemerintah, karena terdapat golongan tertentu yang mendapatkan token gratis maka akan mendapatkan angka token.

Sedangkan untuk token subsidi sebesar Rp. 100 ribu, terlebih dahulu akan diadakan verifikasi olah YCAB dan akan diserahkan pada PLN.

“Dari puluhan ribu penerima donasi, hasil verifikasi kami salurkan pada para driver ojek online yang terkena imbas pandemi,” jelas Veronica.

Bantuan token gratis dari pemerintah maupun token subsidi untuk pelanggan non subsidi dari YCAB harus klik www.pln.co.id terlebih dahulu.

Pelanggan masuk pada web site resmi PLN login www.pln.co.id, dan pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

Setelah masuk pada menu stimulus, akan tampil seperti formulir yang harus diisi oleh pelanggan diantaranya identitas pelanggan.

Masukan angka ID pelanggan atau nomor meter yang terdiri dari 11 sampai 12 digit tersebut pada kolom samping IDPEL.

Setelah diisi oleh 11 atau 12 digit angka tersebut, kemudian masukan kata yang ada di samping menu. Setiap membuka menu kata yang harus pelanggan baca selalu berganti, maka baca dengan seksama kata tersebut agar tidak terjadi kesalahan.

Kemudian di samping kolom tempat memasukan kata, terdapat tombol cari, jika ID pelanggan dan kata sudah dimasukan klik tombol tersebut.

Setelah diklik akan muncul keterangan, jika pelanggan benar dan sesuai kategori akan muncul nomor token dan langsung dimasukan pada meteran

Jika kata yang dimasukan salah akan muncul keterangan: kode captcha yang anda inputkan tidak sesuai.

Jika sudah benar dan pelanggan tidak masuk kategori bantuan gratis maupun token diskon pada keterangan akan muncul penjelasannya.

Keterangannya akan muncul: mohon maaf token komponen saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450VA dan 900VA bersubsidi.

Jadi mudah untuk mencoba atau cek langsung apakah pelanggan mendapatkan token gratis atau diskon, klik login www.pln.co.id. (GaluhID/Ardiansyah)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan