Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Lost Saga Ditutup Bulan Ini: Farewall, My Friend!

Setelah 9 tahun menemani gamer Indonesia, Official Gemscool mengumumkan bahwa Lost Saga ditutup. “Farewell, my friend,” menjadi kata pembuka dalam pengumuman ini.

Lost Saga menjadi game online kesekian dari Gemscool yang tutup setelah sebelumnya game andalan mereka, Point Blank pernah diambil alih Garena kemudian sekarang dikelola Zepetto.

Lost Saga merupakan salah satu game fighting 3D yang dikembangkan oleh IO Entertainment, perusahaan asal Korea Selatan.

Penutupan ini dilakukan secara berkala diawali tanggal 3 Juni 2020 dimana semua item cash tidak bisa dibeli, namun diganti dengan peso (mata uang dalam Lost Saga). Jika Anda memainkan game ini setelah tanggal 3 Juni maka semua item cash bisa dibeli dengan peso.

Lost Saga Ditutup

Pada tanggal 30 Juni 2020 semua layanan Lost Saga akan dihentikan. Login dalam game tidak akan bisa lagi dan server game pun akan dimatikan.

Satu bulan kemudian,tepat pada tanggal 31 Juli 2020 website resmi, komunitas, dan halaman pun akan ditutup.

Banyak player Lost Saga yang menyayangkan penutupan game ini. Namun tak bisa dipungkiri pemain Lost Saga semakin hari semakin berkurang, player lama sudah pensiun dikarenakan usia atau sibuk dengan kegiatan di luar game.

Sejarah dan Gameplay Lost Saga

Pada tanggal 20 November 2014, Z8 Games merilis Lost Saga: North America untuk perangkat Steam dengan tujuan menjangkau lebih banyak player di dunia. Perilisan Lost Saga di Indonesia dilakukan oleh Gemscool sejak tanggal 31 Maret 2011.

Hero yang digunakan untuk Lost Saga dikelompokkan menjadi 7 job diantaranya: Melee, Range, Magic, Special, Premiun, Rare, dan Unique. Mengingat permainan ini, sangat disayangkan Lost Saga ditutup.

Mode Permainan Lost Saga

Deathmatch dan Team Deathmatch. Saling mengalahkan hero dengan tenggat waktu, ketika waktu habis player atau tim mana yang paling banyak mengalahkan hero dialah pemenangnya.

Prisoner. Musuh yang kalah equipnya akan lepas satu per satu, jika semua equip lepas maka hero akan terikat menjadi tahanan dan harus menunggu ada yang membebaskan atau tetap menjadi tahanan dalam game.

Boss Raid Mode. Boss Raid memberikan kesempatan kita untuk menjadi hero boss yang sangat kuat dengan mengecilkan lawan dan menjadi kuat setara dengan 10 hero.

Zombie mode, dimainkan oleh 2 tim, tim manusia dan tim zombie dimana tim zombie harus menginfeksi tim manusa, jika manusia terinfeksi maka akan menjadi zombie.

Soccer mode. Mode permainan seperti sepak bola namun dengan karakter hero Lost Saga.

Deep Forest Mode. Layaknya game RPG membunuh monster di sepanjang jalan dan

membunuh monster dan di akhir akan bertemu dengan boss monster yang harus dikalahkan.

Mode dungeon. Menyelesaikan dungeon dengan membunuh monster yang ada di dungeon dan ada sedikit quest disana.

Fishing mode. Mode memancing dimana jika player sudah bosan bermain fighting tapi masih ingin mendapatkan item atau mengobrol dengan pemain lain disinilah modenya, namun jika Lost Saga ditutup tentu momen ini akan hilang.

Mode power stone. Dalam mode ini diikuti 2 tim dimana setiap tim memiliki sebuah batu yang berharga untuk meningkatkan kemampuan hero. Untuk memenangkan mode ini  kamu harus melindungi batu milikmu

Champion mode. Pertarungan 1 vs 1 atau PVP tanpa bisa mengganti hero. Dalam mode ini, kalian bebas memilih heroes andalan dengan tujuan mengalahkan hero musuh.

Penyebab Game Lost Saga Ditutup

  1. Habisnya kontrak dengan pihak pengembang Lost Saga
  2. Masih menggunakan perangkat PC dimana zaman sekarang lebih menggunakan game mobile
  3. Player lama yang semakin hari menyatakan pensiun dari game
  4. Sulit menarik minat player baru
  5. Cheater yang semakin banyak dan tidak bisa diatasi Gemscool
  6. Kondisi server yang tidak memadai
  7. Tidak menemukan sesuatu yang baru dalam game

Kebanyakan player menjadi tidak nyaman dengan pelayanan dari Gemscool. Bisa jadi inilah penyebab yang menyebabkan pemain meninggalkan game ini sehingga Lost Saga ditutup

Bagi player Lost Saga tentunya memiliki kenangan indah disana, mulai dari berburu item bersama, menemukan pacar dalam game hingga menjadi nyata, atau menemukan player hode yang mengaku wanita padahal laki-laki.

Sejatinya game online yang tutup atau dialihkan dari Gemscool bukan hanya Lost saga, ada banyak game online lainnya seperti Point Blank, Cabal Online, Dragon Nest, dll.

Sembilan tahun bukanlah waktu singkat, semua player tentu akan sangat bersedih dan tidak menyangka game Lost Saga bakal ditutup. Seluruh pemain Lost Saga hanya bisa mengucapkan terima kasih atas segala kenangan yang diberikan.

Lost Saga ditutup sudah tak bisa dihindari lagi, tetapi kita bisa tunggu pihak pengembang apakah akan dirilis lagi melalui perusahaan lain sebagaimana  Point Blank yang diambil alih Zepetto. Ada pula kemungkinan dibuat versi mobile seperti game Blade & Soul dan Grand Chase. (GaluhID/Putra)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...

HP Realme 6 Pro, Ponsel Tangguh Kelas Menengah

HP Realme 6 Pro termasuk ponsel kelas menengah dengan spesifikasi lebih bagus dari pendahulunya. Smartphone ini tampil dengan desain mengesankan, spek cukup...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...