Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Makanan Penyebab Sakit Gigi, Hindari Jangan Biarkan Gigi Senat Senut!

Banyak makanan penyebab sakit gigi yang tidak sadar kita konsumsi. Oleh karena itu kita harus lebih selektif dan menjaga kebersihan mulut terutama gigi.

Gigi menjadi modal utama ketika mengunyah dan menghancurkan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh agar tubuh mudah mencernanya.

Penyebab sakit gigi bisa karena flek dari lapisan tipis bakteri dan apabila bertemu dengan gula atau zat tepung maka asam akan terbentuk. Hal ini yang menjadikan seseorang sakit gigi.

Asam akan merusak enamel pada gigi yang kemudian akan menjadi serangan berulang dan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

Baca Juga: Makanan Penyebab Bau Badan, Wajib Dihindari Demi Pergaulan!

Setelah itu gigi akan berlubang dan terasa sakit ketika mengunyah makanan karena tertekan dan apabila berlanjut menyebabkan gigi rusak secara berkelanjutan.

Berikut beberapa minuman dan makanan penyebab sakit gigi:

Minuman Bersoda dan Es Batu

Soda pada minuman dan es batu berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Soda bisa menjadi penyebab sakit gigi dan membuat gigi berlubang.

Minuman bersoda memiliki risiko dua kali lipat  karena dapat menghilangkan mineral dari enamel Anda.

Selain itu, minuman bersoda juga menyediakan makanan bagi bakteri yang jahat pada mulut dan gigi Anda karena gula yang terkandung di dalamnya.

Es batu memang nikmat ketika udara panas dan pastinya akan sangat menyegarkan. Tetapi terkadang banyak yang langsung mengunyah es batu. Padahal dengan mengunyah es batu bisa membuat gigi menjadi sakit.

Alkohol

Minuman beralkohol bisa menjadi penyebab sakit gigi karena alkohol menyebabkan dehidrasi dan mulut kering sehingga mengurangi air liur serta gigi menjadi kering.

Selain itu, minuman beralkohol seperti koktail juga harus Anda hindari karena mengandung gula. Apabila Anda mengonsumsi terus menerus menyebabkan penyakit gigi.

Kopi

Minuman yang umum di kalangan pria yang satu ini juga berpotensi menjadi minuman penyebab sakit gigi karena kopi menjadikan gigi kita berwarna gelap.

Apalagi noda kopi juga bisa bertahan lama pada gigi. Kopi juga bersifat asam artinya bisa merusak enamel gigi apalagi kalau mengonsumsinya bersama dengan gula.

Baca Juga: 9 Cara Redakan Sakit Gigi Tanpa Obat, Dijamin Ampuh!

Untuk mencegahnya bisa dengan meminum banyak air dan mengganti gula dengan susu kental atau bisa juga mengurangi tingkat kemanisannya.

Permen Kenyal

Siapa yang tidak suka permen, semua orang pasti suka yang namanya permen. Kandungan gula dan sifat lengket pada permen manis menjadikan permen salah satu makanan penyebab sakit gigi.

Kasus yang parah ketika potongan permen yang anda kunyah menempel dalam waktu yang lama dan kemudian menggerus gigi Anda.

Apalagi kalo Anda tidak segera menelan atau membiarkan permen yang keras meleeh di mulut maka itu akan menyebabkan larutan gula lebih lama dan bakteri menghasilkan asam berbahaya.

Permen Asam

Biasa terdapat permen asam ketika perjalanan mudik atau berada dalam kendaraan untuk menghindari rasa kantuk. Mengkonsumsi permen asam harus segera dibersihkan karena mengandung asam sehingga tidak menyebabkan sakit gigi.

Dengan harga yang murah dan rasa yang asam serta ditambah gula sebagai pemanis memang cocok untuk menghilangkan rasa kantuk.

Popcorn

Makanan yang satu ini memang enak ketika dimakan sambil nonton di bioskop atau rumah. Popcorn sendiri menjadi makanan penyebab sakit gigi karena potongannya bisa menempel di sela-sela gigi.

Ahirnya bakteri berkembang dengan cepat. Setelah memakan popcorn alangkah baiknya segera berkumur atau menggosok gigi.

Acar

Makanan penyebab sakit gigi lainnya yaitu cuka pada acar . Cuka berbahaya bagi email gigi sehingga harus meminum banyak air setelah mengkonsumsi acar.

Buah-buahan Kering

Makanan seperti buah buahan kering bisa jadi penyebab sakit gigi karena bisa menyangkut di dalam gigi. Buah-buahan kering memiliki tekstur keras dan bisa menempel pada gigi.

Demikian beberapa makanan penyebab sakit gigi yang harus Anda hindari. Apabila sulit maka minimalisir makanan tersebut dan segera membersihkan gigi setelah mengonsumsinya, agar gigi menjadi lebih sehat. (GaluhID/Setiadi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan