oleh

Manfaatkan Dana Desa, Pemdes di Ciamis Ini Buka Kedai Sawah Kopi

 
 

Ciamis, galuh.id – Kucuran dana desa dimanfaatkan pemerintah desa untuk melakukan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Salah satunya Pemerintah Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, desa yang termasuk ke dalam 9 desa peraih predikat IDM (Indeks Desa Membangun) Terbaik.

Pemdes Pawindan mulai bekerja keras menggali potensi dan sumber pendapatan desa melalui Badan Usaha Milik Desanya.

Bumdesa Pawindan yang berdiri sejak 2017 memiliki beberapa unit usaha, mulai dari jasa perdagangan, sewa tenda, loket pembayaran sampai dengan Pengelolaan Sampah. Tahun 2019 ini Bumdesa membentuk unit usaha baru yaitu Unit Usaha kuliner.

Asep Khoeruman, Kordinator Unit Kuliner, mengatakan unit usaha ini sudah berhasil mendirikan kedai kopi yang diberi nama Kedai Sawah Kopi.

Ide awalnya adalah karena melihat potensi kopi di kabupaten Ciamis yang cukup banyak dan mulai menjamurnya kedai-kedai kopi.

“Di kota, kedai kopi tak pernah sepi pengunjung, kenapa Bumdes tidak mencobanya, ini alasan kami membiat kedai kopi,” Ujar Asep kepada Galuh ID, Minggu (10/11/2019).

Sementara itu Akhmad Himawan sering disapa Mas Ahim, Kaur Perencanaan Desa Pawindan, menuturkan kedai ini tidak 100% bisnis Oriented, namun hadir untuk mewadahi para pemuda desa agar lebih beraktifitas positif.

“Kedai Sawah Kopi memang tidak mengambil barista dari luar, 3 orang pekerjanya adalah pemuda asli Pawindan yang dilatih menjadi Barista oleh tenaga ahli yang didatangkan,” katanya.

Kepala Desa Pawindan, Ahmad Kartoyo menambahkan Kedai Sawah Kopi adalah salah satu cara untuk menumbuhkan Pendapatan Asli Desa.

Selain Kedai Kopi, Desa Pawindan melalui bumdesnya akan membuka Bumdeshop yang bekerjasama dengan Bank Mandiri (CSR), Bumdeshop ini akan menjadi minimarketnya Bumdes yang menjual barang kebutuhan sehari-hari dengan harga grosir.

“Kami tidak bersaing dengan warung yang ada, justru nanti warung yang ada bisa belanja di Bumdeshop dengan harga grosir dan rencana ke depan tahun 2020 nanti, kami akan membangun destinasi wisata,” katanya. (GaluhID/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA