oleh

Memalukan! Ditekuk Malaysia, Timnas Indonesia Kalah Lantaran Kesalahan Sendiri

 
 

Berita Olahraga, galuh.id – Nasib buruk belum mau beranjak dari Tim Nasional (Timnas) Indonesia pada laga kelima kualifikasi Piala Dunia 2022. Bertandang ke Kuala Lumpur menuju markas Malaysia, Greg Nwokolo dan kolega harus kembali menelan pil pahit usai kalah 2-0 pada Selasa (19/11/2019) malam tadi.

Situasi ini membuat skuat Merah Putih sepertinya sudah terbiasa merasakan kalah. Pada laga kontra Malaysia ini merupakan kekalahan ke-5 dalam babak penyisihan Kualifikasi Pra Piala Dunia 2022.

Dua gol Malaysia diborong oleh Safawi Rasid pada menit ke-30 dan menit ke-73. Gelandang muda Timnas Malaysia itu sukses memanfaatkan blunder yang dibuat oleh Yanto Basna.

Indonesia sebenarnya memiliki kesempatan untuk memperkecil kekalahan melalui titik pinalti. Namun sayangnya Osas Saha yang mendapat kesempatan mengeksekusi pinalti gagal memanfaatkan peluang itu.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena, tak bisa menutupi kekecewaannya usai dikalahkan Malaysia 2-0. Yeyen menyebut kekalahan tersebut akibat kesalahan sendiri.

“Kita kehilangan satu peluang untuk bisa bikin gol, kemudian orang bisa bikin gol dari kesalahan kita. Dua gol Malaysia adalah ‘hadiah’ dari para pemain,” kata Yeyen dalam jumpa pers usai laga.

Jalannya Pertandingan

Meski kedua tim sama-sama turun dengan kekuatan penuh, kedua tim mencoba saling mendominasi di babak pertama. Silih berganti, keduanya saling berbagi serangan dan coba menekan pertahanan masing-masing.

Namun, Malaysia mampu memaksimalkan kurang padunya lini belakang Indonesia dengan mencetak gol pembuka pada menit ke-30 lewat sepakan tendangan bebas Safawi Rasid, usai kapten Indonesia Rudolof Yanto Basna melakukan pelanggaran tak jauh dari kotak penalti.

Di babak kedua, Indonesia berusaha bermain lebih terbuka guna membongkar barisan bertahan Malaysia. Alih-alih mencetak gol penyeimbang, gawang Merah Putih malah kemasukan gol kedua.

Berawal dari blunder yang dilakukan kembali oleh kapten Timnas Indonesia Yanto Basna di dalam kotak penalti sendiri dalam situasi bertahan, bola kemudian direbut Safawi Rashid yang melepaskan tendangan kaki kiri dari sudut sempit dan tak mampu dibendung oleh Muhammad Ridho.

“Permainan kami sebenarnya sudah sesuai rencana, tapi ada kesalahan demi kesalahan yang terjadi. Gol kedua Malaysia terjadi karena kesalahan kami sendiri,” ujar Yeyen Tumena.

Meski begitu, Yeyen menolak membesar- besarkan kekalahan pada pertandingan tersebut. Menurutnya timnas Indonesia bisa memberikan perlawanan dan beberapa kali menciptakan peluang emas.

“Seluruh tim ini sudah bekerja keras dan saya mengapresiasi perjuangan para pemain. Selamat untuk Malaysia. Mereka bermain dengan simpel dan tajam,” ia memungkasi.

Kekalahan tersebut membuat Timnas Indonesia terpuruk di posisi juru kunci klasemen sementara dengan mengemas nir poin dari 5 laga, sementara Malaysia menduduki peringkat kedua dengan raihan 9 poin dari 5 laga.

Berikut susunan pemain Malaysia Vs Indonesia:

Malaysia (4-3-3): 22-Khairulazhan Khalid (1-Farizal Marlias 23′); 3-Shahrul Mohd Saad, 6-Corbin Ong Lawrence, 7-Aidil Zafuan, 4-Muhammad Syahmi Safari, 8-Muhamad Nur Azam (12-Afiq Fazail 80′), 14-Mohamed Syamer Kutty, 15-Brendan Gan, 19-Muhammad Akhyar Rashid (9-Nor Shahrul Idlan Talaha 46′), 11-Muhammad Safawi Rasid, 13-Mohamadou Sumareh

Pelatih: Tan Cheng Hoe

Indonesia (4-2-3-1): 1-Muhammad Ridho; 22-Gavin Kwan, 16-Yanto Basna, 5-Otavio Dutra, 16-Ricky Fajrin; 19-Bayu Pradana, 6-Hendro Siswanto, 4-Teuku Muhammad Ichsan (14-Rizky Pora 78′); 13-Febri Haryadi, 7-Septian David Maulana (8-Dendi Santoso 67′), 10-Greg Nwokolo (11-Osas Saha 58′)

Pelatih: Yeyen Tumena (GaluhID/Dhi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA