oleh

Menang di Laga Pembuka, Mental Pemain Timnas U-19 Dianggap Masih Bermasalah

 
 

Berita Olahraga, galuh.id – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Fakhri Husaini, masih melihat ada kekurangan yang perlu diperbaiki timnya meski mampu menang di laga pembuka Kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Timnas U-19 memulai perjalanan mereka di Kualifikasi Piala Asia U-19 dengan kemenangan meyakinkan atas Timor Leste di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Pasukan Garuda Muda mampu meraih kemenangan 3-1 atas negara tetangga Timor Leste di laga pembuka mereka.

Gol-gol Timnas U-19 ini dicetak Fajar Fathurrahman (2′, 77′) dan David Maulana (62′). Sementara Timor Leste hanya mampu membalas sekali melalui Mouzinho De Lima (51′).

Meski mampu menang di laga pembuka, Fakhri mengungkapkan bahwa mental bertanding anak asuhnya masih sedikit bermasalah. Beckham Putra dan kolega terlihat gugup dalam mengembangkan permainan.

“Faktor mental yang kami khawatirkan ketika ekspektasi masyarakat besar kepada mereka. Meski menang ada catatan yang masih perlu diperbaiki ke depannya,” ujar Fakhri dalam sesi jumpa pers selepas laga, melansir laman resmi PSSI.

Imbas dari kegugupan tersebut, Timnas U-19 sempat melakukan beberapa kesalahan. Alhasil, Timor Leste sempat menyamakan kedudukan via titik putih akibat kesalahan di lini belakang tersebut.

Meski masih terkendala mental bertanding, Fakhri menyebut para pemainnya mampu lepas dari tekanan yang acap muncul dalam laga perdana sebuah ajang internasional.

“Alhamdulillah pertama saya ucapkan kami dapat tiga poin. Tetapi, laga pertama selalu berjalan tidak mudah, ya, bagi tim mana saja,” ujar pelatih berusia 54 tahun ini.

“Apalagi untuk pemain yang berusia di bawah usia 19 tahun. Tetapi mereka mampu mengatasinya ketika di lapangan tadi,” imbuhnya.

Sementara itu, bagi pemain belakang, Muhammad Salman Alfarid, kemenangan pertama ini bisa menjadi penyemangat untuk laga berikutnya. Dia juga berterima kasih kepada Fakhri Husaini, karena telah memuji penampilannya.

“Terima kasih coach Fakhri. Saya akan terus meningkatkan kemampuan di atas lapangan. Semoga saya dan teman-teman bisa terus memberikan kemenangan di laga-laga berikutnya,” ungkapnya.

Dengan kemenangan 3-1 ini, Indonesia sementara ini berada di puncak klasemen sementara Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 Grup K.

Laga pembuka kualifikasi Piala AFC U-19 lainnya yang digelar sore harinya berakhir imbang 1-1 antara DPR Korea melawan Hong Kong.

Setelah menghadapi Timor Leste, timnas U-19 Indonesia akan menghadapi timnas U-19 Hong Kong di Stadion Madya, Jumat, 8 November 2019 mendatang. (GaluhID/Dhi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA