Senin, 26 September 2022
Senin, 26 September 2022
More

    Mengenal Asuransi Mobil All Risk dan Tips Memilih Produk Terbaiknya

    Sebagai salah satu aset bernilai tinggi, mobil harus diberikan proteksi sebaik mungkin. Memilih jaminan perlindungan mobil pun tidak boleh sembarangan, salah satu yang terbaik adalah asuransi mobil.

    Buat Anda pemilik kendaraan roda empat, penting untuk pelajari asuransi mobil agar bisa mendapatkan proteksi maksimal. Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi mobil yang umum dipilih, yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk.

    Iklan

    Sesuai namanya, asuransi mobil All Risk atau comprehensive adalah produk asuransi yang akan melindungi mobil dari segala risiko yang mungkin terjadi. Mulai dari kecelakaan, bencana alam, rusak akibat terkena kerusuhan/huru-hara, bahkan ketika mobil hilang dicuri orang.

    Menjadi program perlindungan kendaraan yang menyeluruh, asuransi All Risk mobil dengan klaim mudah banyak dipilih masyarakat.

    Buat Anda yang tertarik memiliki proteksi All Risk, maka kenali lebih detail yuk produk satu ini!

    Mengenal Asuransi Mobil All Risk

    Asuransi mobil All Risk atau disebut asuransi comprehensive akan menanggung segala jenis kerusakan mulai dari baret, penyok sampai dengan mobil hilang akibat pencurian.

    Iklan

    Asuransi mobil All Risk juga akan menanggung kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara dan bencana alam juga ditanggung, sehingga kamu tidak perlu cemas apakah klaim akan ditolak atau tidak.

    Karena keunggulannya mencakup hampir seluruh risiko, harga premi asuransi all risk memang cenderung lebih mahal namun cakupan yang ditanggung lebih luas.

    Asuransi All Risk biasanya digunakan untuk jenis mobil baru karena menawarkan masa pertanggungan yang lebih pendek, misalnya dari 0 bulan hingga 5 tahun.

    Rate Asuransi Mobil All Risk

    Rate asuransi all risk ini lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO. Risiko yang dijamin oleh asuransi TLO lebih sedikit dibandingkan dengan risiko yang ditanggung oleh asuransi all risk.

    Baik perusahaan asuransi swasta maupun perusahaan asuransi BUMN yang menjual produk asuransi mobil all risk terikat dengan ketentuan tarif asuransi all risk nasional, yaitu pada kisaran 1,05-4,2 persen, tergantung harga mobil dan wilayah.

    Baca Juga: Mengenal Asuransi dan Manfaat yang Didapatkan

    Pada umumnya, asuransi all risk dibeli oleh orang yang membeli mobil baru dengan harga tinggi. Mobil baru yang berusia kurang dari 5 tahun rentan menghadapi berbagai risiko, seperti lecet, tergores dan sebagainya.

    Tips Memilih Asuransi Mobil All Risk Terbaik

    Berbicara soal asuransi mobil, asuransi all risk merupakan salah satu polisnya. Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan perlindungan atas semua risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan roda empat.

    Jadi, asuransi ini bisa memperbaiki mobil Anda apapun jenis kerusakannya. Baik itu kerusakan kecil maupun kerusakan besar, termasuk itu mobil yang hilang karena pencurian atau perbuatan jahat lainnya.

    Pilih Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

    Apapun jenis asuransi yang hendak beli, termasuk itu asuransi all risk pastika penyedia atau perusahaannya legal dan telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

    Karena perusahaan asuransi yang terdaftar di lembaga tersebut dapat dikatakan sebagai perusahaan profesional dan terpercaya. Sangat kecil kemungkinan melakukan penipuan terhadap nasabahnya.

    Bekerjasama dengan Banyak Bengkel Rekanan

    Supaya mobil Anda yang rusak bisa langsung segera diperbaiki, alangkah lebih baiknya jika memilih perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan banyak bengkel rekanan. Termasuk itu bengkel-bengkel yang ada di dekat lokasi Anda.

    Karena jika harus diperbaiki di bengkel yang lokasinya jauh tidak semua perusahaan asuransi memiliki layanan derek.

    Tak hanya itu saja, Anda juga harus memastikan jika bengkel tersebut memberikan garansi terbaik. Termasuk, jaminan penggunaan suku cadang yang asli bukan suku cadang kw atau palsu.

    Cek Anggaran

    Berhubung asuransi all risk ini memberikan perlindunganĀ secara menyeluruh, secara otomatis preminya juga tinggi. Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar premi tersebut.

    Untuk mobil keluaran baru dengan harga Rp200 jutaan, biaya premi per tahunnya bisa mencapai Rp4 jutaan. Harga yang cukup tinggi bukan?

    Bandingkan Produk

    Supaya Anda tidak salah pilih, coba bandingkan produk asuransi all risk yang satu dengan lainnya. Meskipun dari segi premi mungkin tidak jauh berbeda, tapi ada aspek lainnya yang pastinya berbeda.

    Misalnya perusahaan asuransi A memberikan tambahan layanan derek gratis, sedangkan perusahaan B memberikan tambahan layanan asuransi kecelakaan diri. Pilih produk sesuai dengan kebutuhan Anda dan pilih biaya premi yang paling kompetitif.

    Dalam kasus tersebut, jika mobil rusak tapi bengkel jauh dari lokasi maka Anda bisa memilih perusahaan A. Sementara itu jika mobil rusak dan sopir termasuk penumpang mengalami kecelakaan maka bisa memilih perusahaan B.

    Pertimbangkan Rekomendasi Dealer

    Ketika Anda pertama kali membeli kendaraan, tidak ada salahnya untuk menanyakan kepada dealer rekomendasi asuransi All Risk terbaik.

    Biasanya, pihak dealer pasti sangat tahu tentang hal tersebut dan akan memberikan rekomendasi yang menurut mereka paling bagus.

    Namun, jangan hanya berpatokan pada rekomendasi dealer saja, Anda juga bisa meminta rekomendasi dari pihak lain yang sekiranya mengerti tentang asuransi.

    Pilih yang Proses Klaimnya Mudah dan Cepat

    Tips memilih asuransi mobil All Risk selanjutnya adalah memilih yang menawarkan proses klaim yang mudah dan cepat. Jika bisa mudah mengapa harus yang sulit dan jika bisa cepat mengapa harus lambat?

    Sebagai contoh, jika terjadi kecelakaan dan mobil rusak Anda cukup menghubungi customer service atau call center lalu ada tim yang datang membawa mobil Anda ke bengkel. Atau klaim asuransi yang bisa dilakukan lewat aplikasi juga sangat layak untuk dipertimbangkan.

    Demikianlah pembahasan lengkap mengenai tips memilih asuransi All Risk yang cocok sesuai kebutuhan Anda. Tips di atas juga bisa diterapkan jika Anda ingin membeli produk asuransi Total Loss Only. (GaluhID)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    377PengikutMengikuti
    8,352PelangganBerlangganan