Kamis, 22 April 2021
Kamis, 22 April 2021
BJB

Menghilangkan Jerawat Batu dalam Hitungan Minggu

Cara menghilangkan jerawat batu sebenarnya mudah. Syaratnya kita harus tahu dulu produk apa yang cocok dan rajin menggunakannya. Karena sebagus apapun produk yang Anda beli, jika tidak telaten maka tidak akan memberi hasil.

Umumnya jerawat timbul ketika kondisi kulit tidak bersih dan pori-pori tersumbat oleh kotoran. Bisa juga timbul karena perubahan hormon. Meski kondisi ini akan pulih dengan sendirinya, beberapa orang tetap merasa terganggu.

Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika jerawat batu muncul. Mengapa bisa dikatakan jerawat batu? Karena jerawat muncul secara berkelompok, bisa jadi akibat alergi pada makanan tertentu atau reaksi penolakan pada produk yang tidak cocok.

Sebelum Menghilangkan Jerawat Batu, Perlu Menenangkan Kulit Terlebih Dulu

Saat sedang mengalami jerawat batu, kulit Anda sedang sensitif. Sehingga Anda perlu mencari produk yang mengandung anti inflamasi. Kulit yang sensitif bisa ditandai dengan merah-merah di pada area jerawat.

Beberapa cara untuk menenangkan kulit sensitif akibat jerawat:

Minum antibiotik

Obat antibiotik bisa Anda di apotik tanpa resep. Selain menenangkan peradangan, antibiotik juga dapat menjaga kondisi agar tidak bertambah parah. Beberapa antibiotik yang populer adalah amoxicillin, cefadroxil, dan ciprofloxacin.

Ekstrak lidah buaya

Lidah buaya (aloe vera) menghasilkan gel yang bisa menenangkan kulit. Aloe vera gel bisa kita buat sendiri namun memiliki daya simpan terbatas. Apabila ingin lebih praktis, Anda bisa membeli produk aloe vera gel di toko.

Gunakan aloe vera gel sebagai masker atau kapanpun saat dibutuhkan untuk menghilangkan jerawat batu. Cara ini juga bisa meredakan rasa perih dan kemerahan yang ada di kulit. Penggunaan yang sering juga bisa mengempeskan jerawat.

Tabir surya

Saat wajah sedang berjerawat, kulit semakin sensitif terhadap sinar matahari. Disarankan untuk memilih tabir surya atau sunscreen dengan SPF minimal 30. Formula non-nano mineral juga disarankan untuk kulit sensitif, karena sunscreen adalah lapisan terluar yang melindungi kulit.

Selain mencari produk yang tepat, bahan-bahan alami juga bisa dimanfaatkan. Tetapi perlu diingat bahwa pemilihan bahan alami ini harus serba higienis. Kalau bisa gunakan peralatan khusus untuk mengolahnya, misalnya pisau. Untuk memasak, jangan gunakan pisau yang sama.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Ada beberapa cara untuk membasmi jerawat batu yang membandel, berikut penjelasannya:

Salep jerawat

Salep jerawat bekerja langsung pada area tertarget dimana kita mengoleskannya. Salep jerawat yang dapat dibeli tanpa resep adalah Benzolac 2,5% dan Benzolac 5%. Untuk penggunaan Benzolac CL benzoyl peroxide 5% + Clindamycin phosphate 1,2% harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu karena tergolong dosis keras.

Sementara itu, Verile Acne Gel dan Acnes Sealing Jell juga tersedia di toko kecantikan. Produk Korea yang ampuh dalam mengempeskan jerawat adalah COSRX Acne Pimple Patch atau Some By Mi Super Miracle All Kill Cream.

Perawatan kulit

Melakukan perawatan adalah kunci dari menyembuhkan jerawat. Apabila rutin menggunakan skincare setiap hari, bisa dipastikan jerawat cepat hilang. Produk yang bisa menghilangkan jerawat batu adalah skincare yang mengandung salicylic acid.

Di Indonesia, produk yang memiliki kandungan salicylic acid salah satunya adalah Wardah Acnederm Series. Produk lokal tersebut memiliki harga yang terjangkau. Sayangnya, salicylic acid tidak bisa digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Beberapa orang juga mengalami alergi terhadap salicylic acid. Sebagai alternatif Anda bisa mencoba skincare yang mengandung ekstrak tea tree. Tersedia dari brand Safi, The Body Shop, dan Some By Mi AHA BHA PHA Miracle.

Konsumsi suplemen

Selain rutin menggunakan skincare, konsumsi vitamin dan suplemen juga perlu. Karena jerawat bisa disebabkan oleh perubahan hormon tubuh. Konsumsi vitamin dan mineral dapat membantu menyembuhkan jerawat dari dalam.

Baca Juga: Mengobati Jerawat Secara Alami, Mudah, dan Alami

Suplemen yang mengandung Zinc dan Vitamin B dapat mengendalikan kelebihan hormon. Biasanya terjadi ketika wanita memasuki siklus haid. Dalam mengkonsumsi suplemen, patuhi anjuran pakai yang tertera pada kemasan.

Dengan tips menghilangkan jerawat batu ini, hasilnya bisa dilihat dalam hitungan minggu. Memang tak ada yang instan mendapatkan kulit mulus. Tetapi jika kita telaten merawat kulit maka kita bisa mendapat hasil yang diinginkan. Semoga dengan tips ini wajah Anda terbebas dari jerawat. (GaluhID/Elsa)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,715FansSuka
241PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya