Mitos Batu Kuda Ciakar Ciamis: Bikin Pusing Ketika Ditunggangi

217

Cipaku, galuh.id – Batu Kuda Ciakar yang terletak di Dusun Pasir Malang, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis memiliki latar cerita yang unik dan tidak masuk akal. Salah satunya adalah mitos jika batu kuda tersebut dinaiki maka ‘penunggangnya’ akan merasa sakit kepala atau pusing bahkan ada yang sampai kesurupan.

Batu kuda ini terletak di dekat pintu masuk Wahana Argowisata Murbey. Asep Hidayat pengelola Wahana Argiwisata Murbey sekaligus kuncen batu kuda mengatakan dulunya lokasi tempat batu kuda tersebut merupakan tempat mengembala kuda dan kerbau bagi warga setempat.

“Kenapa batu ini dinamakan batu kuda? Pertama batu tersebut mirip kuda dan dulu para sesepuh warga sekitar mengembala kuda di tempat ini dan banyak tanaman serai atau sereh untuk pakan kuda dan kerbau,” terang Asep ketika ditemui Galuh ID, Senin (7/01/2018).

Status tanah tempat lokasi batu kuda merupakan tanah milik pemerintah desa Ciakar kecamatan Cipaku kabupaten Ciamis namun pengelolaannya diserahkan oleh Asep Hidayat.

“Mitos batu ini bukan hanya ketika ditunggangi yang menunggangi merasa pusing tapi banyak masyarakat yang bilang ketika malam Jum’at suka ada cahaya terang yang turun ke batu kuda tersebut (mirip meteor) namun secara pribadi saya belum pernah melihat cahaya tersebut,” terang Asep.

Lokasi batu kuda di foto dari arah pintu masukmwahana agro wisata murbey yang terletak Pasir Malang desa Ciakar kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis

Asep juga berpesan bagi pengunjung yang akanĀ  berkunjung ke lokasi ini jangan berbicara ‘sompral’ atau sembarangan karena akan menggangu penunggu gaib di batu kuda tersebut.

Asep berharap Batu Kuda Ciakar bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berkunjung supaya lebih tahu sejarah di masing-masing daerah di wilayah Kabupaten Ciamis.

(Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini