oleh

Mobil Pick-Up Dikerahkan untuk Penyemprotan Disinfektan di Handapherang Ciamis

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) pada pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Bina Remaja Desa Handapherang, Ciamis melakukan penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan yang melibatkan para pemuda, kepala dusun, Bhabinkamtimbas Polsaek Cijeungjing dan Babinsa Koramil Kecamatan Cijeungjing dilakukan Jum’at (27/03/2020).

Kegiatan dilakukan pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB. Sasaran utama penyemprotan hadalah masjid yang biasa digunakan untuk salat Jum’at.

Alat yang digunakan selain menggunakan penyemprotan manual terdapat pula satu unit mobil pick up dan menggunakan mesin cuci motor dan mobil.

Untuk menjangkau lokasi yang sulit menggunakan semprotan manual, sedangkan mobil digunakan untuk menyemprot lingkungan sekitar jalan.

Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona, sehingga para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Bina Remaja Desa Handapherang berinisiatif melakukan penyemprotan.

Penyemprotan tersebut akan dilakukan secara rutin di Desa Handapherang dengan dana swadaya hasil dari urunan warga setempat yang turut peduli pada kesehatan lingkungannya.

Selain menggunakan alat semprot seadanya, Alat Perlindungan Diri (APD) pun yang tersedia yaitu menggunakan jas hujan dari bahan plastik.

Kekurangan tersebut tidak menjadi kendala dan menyurutkan semangat para pemuda untuk melakukan aksi penyemprotan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Sedangkan untuk disinfektan hasil dari racikan sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh Puskesmas. Puskesmas Cijeungjing telah memberikan arahan terkait dengan penyemprotan.

Ketua Karang Taruna Bina Remaja Desa Handapherang Ciamis, Endang Ali Syahbana menyampaikan pihaknya akan terus melakukan kegiatan penyemprotan.

“Ini akan terus kita lakukan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19). Dan ini juga sebagai upaya menjaga kesehatan lingkungan kami,” jelas Endang Ali Syahbana.

Endang Ali Syahbana atau lebih akrab disapa Abeng ini mengajak warga lainnya untuk terus berupaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Selain dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat, kita juga harus terus berupaya menjaga lingkungan agar terbebas dari virus. Hal itu salah satunya dengan penyemprotan ini,” jelas Abeng.

Abeng menambahkan meskipun Alat Perlindungan Diri (APD) tidak tersedia namun bisa menggunakan alternatif lain diantaranya dengan menggunakan jas hujan plastik.

“Kami akan terus bergerak dengan kesadaran meskipun tanpa adanya APD. Kami dengan alat seadanya akan terus mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19,” pungkas Abeng. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA