Jumat, 30 Juli 2021
Jumat, 30 Juli 2021
BJB

MPDN Ingin Masyarakat Ikut Berperan Awasi Notaris di Ciamis, Banjar dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id – Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Ciamis, Banjar dan Pangandaran inginkan peran serta masyarakat dalam pengawasan notaris.

Ketua MPDN, Hendra Sukarman, menyampaikan pada Rabu (17/2/2021) sudah terbentuk kepengurusan Majelis Pengawas Daerah Notaris yang menaungi Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Pangandaran.

Kepengurusannya pun dari berbagai unsur, seperti akademisi, Ikatan Notaris Indonesia (INI). Lalu, struktural pemda maupun pemerintah pusat dari Kemenhukam.

“Alhamdulillah kepengurusan MPDN Ciamis, Banjar dan Pangandaran sudah terbentuk dari berbagai macam unsur,” ujar Hendra.

Majelis Pengawas Daerah Notaris sendiri salah satu tugas dan fungsinya adalah mengawasi dan melakukan pembinaan kepada notaris-notaris yang berada di tiga daerah tersebut.

“Sistem kerja MPDN yaitu melakukan pengawasan dan pembinaan kepada notaris sebagai perwakilan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkuham),” papar Hendra.

Menurutnya, fungsi dan tugas pengawasan MPDN terhadap notaris tak lepas dari peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengawasi kegiatan notaris di 3 daerah ini.

“Bukan hanya MPDN yang bisa mengawasi notaris. Tetapi masyarakat juga berhak melakukan koreksi terhadap kegiatan-kegiatan notaris,” jelas Hendra.

Kalaupun masyarakat ada pengaduan. Ia menyarankan, masyarakat bisa langsung datang ke Sekretariat Majelis Pengawas Daerah yang Notaris berada di Kota Banjar. Tepatnya di Langensari. (GaluhID/Aldi)

Editor : Evi

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan