Kamis, 29 Juli 2021
Kamis, 29 Juli 2021
BJB

Noken Papua Jadi Google Doodle, Ini Filosofi, Kegunaan, Hingga Cara pembuatannya

spot_img

Untuk Noken Papua berukuran besar biasanya berguna untuk membawa barang seperti kayu bakar, tanaman hasil panen, barang belanjaan, bahkan bisa berguna untuk menggendong anak.

Noken Papua yang berukuran sedang biasanya masyarakat gunakan untuk barang-barang belanjaan dengan kapasitas sedang.

Sedangkan untuk Noken Papua yang berukuran kecil biasanya berguna hanya untuk membawa barang-barang kecil seperti keperluan sekolah, buku, pensil, dan barang pribadi lainnya.

Noken Papua jadi Google Doodle karena memiliki keunikan yang lain seperti sebagai hadiah kenang-kenangan kepada orang yang baru pertama kali menginjakan kaki di bumi Papua.

Cara Pembuatan

Cara pembuatan Noken Papua masih menggunakan cara manual tanpa mesin. Dalam pembuatannya pun cukup rumit.

Bahan untuk membuatnya yakni menggunakan pohon Manduan, pohon nawa, dan anggrek hutan. Namun masih banyak lagi bahan yang bisa masyarakat manfaatkan untuk membuatnya.

Kayu dari pohon tersebut melalui proses pengolahan, pengeringan, memilih serat-seratnya yang kemudian memintalnya sehingga menjadi tali.

Nantinya tali tersebut mereka kreasikan sehingga membentuk sebuah tas tradisional Noken Papua. Untuk variasi warnanya pun mereka olah dari pewarna alami.

Noken Papua jadi Google Doodle dengan harapan masyarakat Indonesia lebih mengenal dan bangga akan kekayaan budaya Indonesia. (GaluhID/Muroseva)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan