Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Pangan dan Pertanian di Jabar, Sektor Tangguh di Masa Pademi Covid-19

Berita Jabar, galuh.id – Pangan dan pertanian di Jabar merupakan sektor yang paling sedikit terdampak pandemi Covid-19. Kedua sektor itu mengalami persentase penurunan pertumbuhan ekonomi hanya 0,9 persen dari 4,1 persen.

Sementara sektor yang paling terdampak perekonomiannya akibat pandemi adalah sektor jasa dan manufaktur, dengan penurunan dari 7,2 persen menjadi 2,4 persen.

“Sektor pangan dan pertanian terkoreksinya tidak terlalu besar. Turunnya hanya 0,9 persen,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (19/6/2020).

Sehingga, lanjut pria yang kerap disapa Kang Emil ini berkata, hal itu mengindikasikan bahwa sektor pertanian adalah zona ekonomi yang paling tangguh terhadap dampak dari pandemi Covid-19.

Pangan dan Pertanian di Jabar Jadi Andalan Masa Depan

Pasca Covid-19, pemprov Jawa Barat akan memaksimalkan sektor pertanian dan ketahanan pangan sebagai salah satu unggulan Jabar di masa depan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Target pemprov Jabar dari sisi ketahanan pangan adalah swasembada dengan mengurangi impor secara  bertahap. Selain itu, perdagangan antar daerah juga akan lebih dikendalikan dengan tidak bergantung pada mekanisme pasar.

Menurut Emil, ketahanan pangan juga dapat berpengaruh terhadap inflasi. Maka dari itu, untuk menjaga ketahanan pangan, kuncinya adalah jaminan pasokan dan mata rantai diperbaiki.

“Jangan sampai orang Bogor beli telur di Jakarta. Padahal telurnya berasal dari Sukabumi,” katanya.

Lebih lanjut, sejumlah sektor perikanan serta Pangan dan pertanian di Jabar sudah memanfaatkan aplikasi Go digital untuk pemasaran dan pengembangan pangan. Hal itu berdampak pada meningkatnya hasil penjualan.

“Go digital sudah kami lakukan. Termasuk memberdayakan pesantren yang juga memanfaatkan digital, sebagai ujung tombak penjualan,” tutur Emil.

Sedangkan untuk pemanfaatan lahan perkebunan, pemprov Jabar menggunakan aplikasi Sistem Informasi Peta Peruntukan Lahan Perkebunan atau yang disingkat “Si Perut Laper”.

Aplikasi ini bisa mengonversi tanah dengan market atau pasar. Sehingga nantinya akan sangat membantu bagi para petani di Jabar dalam memilik produk perkebunan yang cocok untuk ditanam.

Emil menambahkan, aplikasi Si Perut Laper ini bisa memadukan kebutuhan dengan kondisi geografis. Hal itu merupakan salah satu reformasi yang sedang dilakukan pemprov Jabar. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Ponpes Assobariyyah Kota Sukabumi Jadi Percontohan di Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Ponpes Assobariyyah Kota Sukabumi, Jawa Barat jadi percontohan bagi Ponpes di Jabar yang akan memulai kegiatan pendidikan dan...

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Mulai Disalurkan Hari Ini

Berita Jabar, galuh.id - Bansos Provinsi Jabar tahap II kini mulai disalurkan hari ini, Kamis (9/7/2020). Terkait dengan persiapan untuk penyaluran Bansos...

Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Kesiapan Sekolah Tatap Muka di Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengapresiasi kesiapan sekolah tatap muka di Jabar, saat meninjau protokol kesehatan di...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Adu Penalti Bawa Persita Tangerang Promosi ke Liga 1 2020

Info Liga 2, galuh.id - Persita Tangerang kembali ke strata tertinggi sepak bola Liga Indonesia. Kepastian itu didapat setelah mereka menang secara...

HP 1 Jutaan dari Samsung, Vivo, Xiaomi, dan Oppo

Meski budget terbatas Anda tetap bisa menggunakan smartphone murah dengan HP 1 jutaan dari Samsung, Vivo, Xiaomi dan Oppo. Kebutuhan yang semakin...

Jalan Pasar Banjarsari Ciamis Akan Segera Diperbaiki, PKL Diminta Pindah Lapak

Banjarsari, galuh.id - Infrastruktur jalan pasar Banjarsari Ciamis akan segera diperbaiki. Mengingat kondisi saat ini kurang baik. Terlihat pelaksana...

Lakukan Hal Ini Untuk Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga

Gaya Hidup, galuh.id- Cara menghindari pertengkaran dalam rumah tangga berguna untuk mereka yang baru menikah, maupun bagi mereka yang sudah lama mengarungi...

Kota Galuh Ingin Ciamis Jadi Pusat Akademi Voli se-Indonesia

Ciamis, galuh.id - Setelah sukses mengelar Liga Voli tahun 2018 yang berlanjut di tahun 2019, Kota Galuh perusahaan develover perumahan di...