oleh

Pemkab Ciamis Bakal Berlakukan Bayar Parkir Sekali dalam Setahun

 
 

Ciamis, galuh.id – Pemkab Ciamis berencana memberlakukan pembayaran parkir setahun sekali, gagasan tersebut merupakan hasil study banding Bupati Ciamis ke Kabupaten Sudoarjo, Jawa Timur, beberapa bulan lalu.

Menurut Herdiat, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari parkir di Kabupaten Sidoarjo mencapai 28 milyar dengan volume kendaraan 200 ribu. Di Sidoarjo biaya parkir untuk kendaraan roda dua Rp 25 ribu dan roda empat Rp 50 ribu per tahun.

Herdiat mengatakan di Kabupaten Ciamis ada sekitar 300 kendaraan dengan pendapatan dari parkir hanya 400 juta per tahun. Hal ini jauh berbeda bila dibandingkan dengan pendapatan parkir per tahun di Siodarjo.

“Jika gagasan ini diberlakukan di Ciamis akan menggenjot pendapatan daerah, saat ini kami sedang mempelajari regulasinya termasuk sudah saya sampaikan di rapat paripurna dengan DPRD,” ujar Herdiat, Kamis (15/8/2019).

Menurutnya, apabila pembayaran parkir dilakukan per tahun, maka akan lebih murah dan efisien, mengingat saat ini pembayaran per parkir Rp 1000, sementara masyarakat pasti akan parkir beberapa kali.

“Ini yang membuat saya ingin memberlakukan sistem pembayaran parkir per tahun, salah satunya murah dan tidak terlalu memberatkan beban masyarakat,” paparnya.

Terkait pembayarannya, kata Herdiat pihaknya akan bekerja sama dengan pihak Samsat dari setiap perpanjangan STNK sekaligus pembayaran parkir. Untuk teknisnya ketika pembayaran sudah dilakukan, nantinya pihak Samsat akan memberikan stiker sebagai tanda sudah lunas melakukan pembayaran parkir. Stiker akan ditempelkan di kendaraan.

“Nantinya apabila pemilik kendaraan telah melakukan pembayaran parkir, terlihat ada stiker di kendaraannya, jadi terlihat sama petugas parkir mana motor yang sudah membayar dan yang belum,” tuturnya.

Herdiat menambahkan syarat untuk mendapatkan pembayaran parkir per tahun yaitu harus berplat Ciamis dan di tempat parkir yang ditentukan oleh UPTD Parkir.

“Dengan rencana gagasan ini akan menjadi pemacu bagi pemilik kendaraan yang masih berplat luar daerah beralih ke plat Ciamis, karena dengan pembayaran parkir pertahun lebih murah,” tandasnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA