oleh

Pemkab Ciamis Gelar Istighosah Minta Perlindungan dari Ancaman Virus Corona

Hubungi
 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Ribuan masyarakat di Kabupaten Ciamis memadati taman Raflesia gelar Istighosah yang digelar Pemkab Ciamis,Jumat (13/3/2020) pukul 08.00 WIB.

Gelar Istighosah untuk meminta kesehatan, perlindungan, dan keselamatan dari Allah SWT. Hal itu untuk menghilangkan kekhawatiran dan kepanikan masyarakat usai ditemukannya WNI yang positif terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Loading...

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, meminta kepada seluruh warga masyarakat Ciamis agar tidak panik berlebihan dalam menyikapi wabah virus Corona.

Sebagaimana diketahui, saat ini masyarakat dunia, termasuk di Indonesia, sedang panik. Hal itu atas munculnya suatu penyakit yang diakibatkan oleh virus Corona atau Covid-19.

“Diimbau kepada masyarakat, jangan terlalu panik yang berlebihan sampai memburu makanan, memburu masker. Maser itu hanya untuk orang sakit, kalau kita yang masih sehat tidak usah terlalu takut, tidak usah panik,” jelasnya.

Sejak merebaknya wabah corona, ketersedian masker di hampir semua toko obat dan apotek yang ada di Kabupaten Ciamis, mengalami kekosongan.

Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Herdiat juga mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Tentunya agar terhindar dari segala bentuk musibah, baik bencana alam, maupun wabah penyakit.

Dalam menghadapi bencana atau musibah, lanjut Herdiat, masyarakat harus bisa mengedepankan olah pikir dan olah dzikir.

Menurut Herdiat, olah pikir akan menghasilkan berbagai rumusan teknis upaya pencegahan, solusi, dan cara penanggulang penyakit.

Sementara olah dzikir adalah dengan senantiasa mengingat dan berpasrah diri kepada Allah atas segala hal yang terjadi.

“Allah yang berkuasa. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha dan berikhtiar. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan, teruslah mengingat Allah agar kita selalu berada di dalam lindungan-Nya,” ujar Herdiat.

Agar tidak mudah terkena penyakit. Herdiat mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengelola stres dengan seimbang.

Selain itu, Herdiat pun mengimbau masyarakat untuk menghindari kontak dengan daerah yang sudah teridentifikasi wabah Corona.

“Untuk daerah yang sudah terdeteksi wabah Corona, kalau tidak penting-penting amat lebih baik dihindari,” ujar Herdiat.

Terakhir, dia mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoaks berkaitan dengan Covid-19. Sebab menurutnya, hal itu dapat meresahkan dan menggangu ketentraman warga.

“Kita berdoa bersama dan memohon kepada Allah, khususnya warga masyarakat di Kabupaten Ciamis, dijauhi dari segala musibah, bencana alam dan virus Corona,” pungkas Herdiat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ciamis Herdiat dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, menggelar bakti sosial dengan memberi santunan kepada anak yatim piatu. (GaluhID/Evi/Riyan)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA