Jumat, 3 Februari 2023
Jumat, 3 Februari 2023
More

    Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4, Ini Caranya Biar Lolos

    Berita Nasional, galuh.id – Pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 4 sudah bisa dilakukan mulai Sabtu (8/8/2020) kemarin, setelah pemerintah resmi membuka pendaftaran.

    Tentang pembukaan pendaftaran peserta kartu prakerja, disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiharso.

    Iklan

    Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Online, Caranya Login www.prakerja.go.id

    Susiwijono menjelaskan pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 sudah mulai dilakukan mulai pukul 12.00 WIB dengan kuota sebanyak 800 orang.

    “Besok siang, gelombang 4 sudah mulai dibuka, yaitu mulai pukul 12.00 WIB dengan kuota peserta pendaftar sebanyak 800 orang,” jelasnya.

    Penjelasan Susiwijono mengenai pembukaan pendaftaran gelombang 4 tersebut disampaikan saat memberikan keterangan pers melalui video conference, Jumat (7/8/2020).

    Iklan

    Kemudian Susiwijono juga menjelaskan, untuk besaran nilai insentif yang akan diberikan pada peserta nilainya masih sama dengan gelombang-gelombang sebelumnya.

    Peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp. 3,55 juta, dengan rincian diantaranya terdiri dari voucer pelatihan Rp. 1 juta.

    Voucer pelatihan sebesar Rp. 1 juta tersebut untuk membeli paket pelatihan yang dijual oleh ruangguru, tokopedia dan bukalapak.

    Selain itu jasa penjualan pelatihan lainnya seperti Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pinter Mahir, dan Sisnaker.

    Peserta bebas memilih jenis pelatihan yang akan diikuti sesuai dengan potensi masing-masing.

    Setelah menentukan pilihan jenis pelatihan yang akan diikuti, peserta harus menyelesaikan seluruh pelatihan yang dibeli pada mitra yang telah ditentukan.

    Pendaftaran Kartu Prakerja Harus Memperhatikan Persyaratan

    Peserta saat melakukan pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 harus memperhatikan syarat-syarat yang sudah ditentukan, agar tidak terjadi kendala saat pendaftaran.

    Terdapat beberapa persyaratan yang harus diperhatikan oleh peserta dan juga harus dipenuhi agar peserta bisa melanjutkan pada tahap berikutnya.

    Diantaranya adalah peserta kartu prakerja harus Warga Negara Indonesia (WNI) dan usia minimal 18 tahun.

    Kemudian syarat lainnya, selain usia untuk peserta minimal 18 tahun, peserta tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

    Peserta Akan Mendapatkan Insentif

    Setelah peserta menyelesaikan seluruh pelatihannya, peserta kartu prakerja berhak mendapaatkan insentif sebesar Rp. 2,4 juta.

    Dari jumlah insentif tersebut akan dibayarkan per bulan selama 4 bulan, setiap bulannya peserta akan mendapatkan sebesar Rp. 600 ribu.

    Selain itu peserta akan mendapatkan insentif pengisian survey sebesar Rp. 150 ribu, insentif survey tersebut berlaku untuk tiga kali survey.

    Jika persyaratannya sudah lengkap, peserta harus memilih jenis pelatihan sesuai dengan potensi atau kemampuannya.

    Pemilihan tersebut harus disesuaikan agar saat melakukan pelatihan tidak menemukan kendala dan akan menghambat proses selanjutnya.

    Peserta bisa memilih jenis pelatihan dari beberapa mitra yang sudah menyediakan paket pelatihan, dengan menggunakan voucer yang diperoleh.

    Cara Melakukan Pendaftaran Kartu Prakerja

    Pada laman resmi akun prakerja Prakerja.co.id, terdapat menu daftar pada halaman muka di sisi kiri situs tersebut.

    Pertama yang harus dilakukan oleh peserta, membuatakun prakerja masuk ke situs www.prakerja.go.id. Kemudian peserta mengisi sesuai dengan petunjuk.

    Diantaranya peserta harus mengisi atau memasukan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi baru cek e-mail dari kartu prakerja.

    Jika peserta sudah memasukan atau mengisi dengan lengkap, peserta harus mengikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail.

    Kemudian isi data diri dengan cara masuk ke akun dengan alamat e-mail dan kata sandi yang baru dibuat.

    Yaitu dengan cara masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir peserta, lalu klik ‘Berikutnya’.

    Selanjutnya isi data diri dengan lengkap pada formulir kartu prakerja yang berisi nama lengkap, e-mail, serta alamat tempat tinggal.

    Isi juga alamat domisili, pendidikan, status pekerjaan, foto KTP dan foto selfie atau foto diri dengan KTP, lalu klik ‘Berikutnya’.

    Kemudian masukan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS, dan ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

    Waktu yang disediakan untuk tes kemampuan dasar selama 15 menit, jika perlu siapkan alat tulis dan kertas.

    Tunggu e-mail pemberitahuan dari kartu prakerja jika sudah menyelesaikan seluruh tes, jika sudah ada pemberitahuan kembali ke situs.

    Peserta jika sudah mendapatkan pemberitahuan dan kembali ke situs segera gabung ke gelombang pendaftaran pada situs tersebut.

    Jika seluruh tahapan sudah diselesaikan, pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 sudah berhasil dan terus pantau instragram resmi program kartu prakerja. (GaluhID/Ardiansyah)

    Iklan

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan
     
     

    TEMUKAN KAMI

    184,994FansSuka
    41,532PengikutMengikuti
    0PengikutMengikuti
    387PengikutMengikuti
    6,452PelangganBerlangganan