Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021
BJB

Penderita Thalassemia di Ciamis Berharap Semakin Banyak yang Donor Darah

Berita Ciamis, galuh.id – Penderita thalassemia di Ciamis berharap semakin banyak yang melakukan donor darah, karena saat ini ketersediaan darah di PMI Ciamis kurang.

Pengurus Perhimpunan Orangtua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI), Yeyet Waryati mengajak kepada yang belum melakukan donor darah agar bersedian mendonorkan darahnya.

“Kami orang tua yang memiliki anak penderita thalassemia, yang dalam hidupnya tergantung dari transfusi darah,” jelas Yeyet, Sabtu (6/3/2021).

Menurut Yeyet, ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Ciamis kurang, tidak selalu saat akan melakukan transfusi darah tersedia.

Thalassemia adalah penyakit kelainan darah dengan kondisi sel darah merah mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal.

Sehingga penderita thalassemia harus melakukan transfusi darah dengan rutin, ada yang harus dua minggu satu kali.

Jika pada waktu tersebut tidak melakukan transfusi, penderita akan mengalami berbagai keluhan seperti lemas tidak bergairah.

Bahkan jika penderita tidak mendapatkan transfusi darah, maka penderita akan mengakibatkan suatu yang fatal yaitu akan kehilangan nyawanya.

Membantu Meringankan Penderita Thalassemia

Penderita thalassemia di Ciamis mengakui tidak setiap membutuhkan darah selalu tersedia di PMI Ciamis, sehingga harus mencari pendonor lain.

“Jika di PMI darah ayang kami butuhkan tidak tersedia kami akan mencari pendonor yang sesuai golongan darahnya,” jelas Yeyet.

Sementara itu Ketua Ruangan Thalassemia Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis, Dini Andini pun menyampaikan hal yang sama.

“Iya ketersediaan darah untuk penderita thalassemia kurang, terbukti terdapat beberapa jadwal yang tidak sesuai, karena belum mendapatkan darah,” jelasnya.

Dini juga menyampaikan kebutuhan darah masing-masing penderita thalassemia berbeda-beda, ada yang cukup dengan satu labu ada juga yang dua labu.

Sehingga hal tersebut menjadi perjuangan tersendiri bagi orang tua penderita thalassemia, karena harus mencari darah yang sesuai golongan darahnya.

Dini juga mengajak bagi yang belum pernah melakukan donor darah, agar bersedia mendonorkan darahnya karena sangat membantu pendertia thalassemia.

“Penderita thalassemia di Ciamis akan terbantu dengan banyaknya pendonor, selain sehat juga termasuk ibadah karena telah membantu meringankan beban,” pungkasnya.(Galuh.Id/Ardiansyah)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan