oleh

Penghobi Merpati di Pangandaran Peluang Bisnis Menggiurkan

 
 

Pangandaran, galuh.id – Geliat penghobi merpati di Pangandaran Jawa Barat tidak pernah padam. Bahkan sudah menjadi lahan bisnis bagi para penghobi.

Kejuaraan-kejuaran setiap minggunya digelar di berbagai daerah di Pangandaran. Salah satunya di Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Merpati yang dilombakan yaitu merpati tinggi. sistem perlombaan ini, merpati jantan diterbangkan dari jarak sekitar 1 Km lalu betinanya dipegang oleh joki di dalam kotak kalang yang sudah disediakan di atas meja.

Merpati yang dinyatakan menang dinilai dari siapa yang paling cepat menyentuh meja. Namun sebelum menyentuh meja harus masuk kotak kalang terlebih dahulu.

Semakin Bagus Semakin Mahal Harganya

Fahmi, salah seoramg penghobi merpati tinggi dari klub LBR asal Legokjawa Pangandaran mengatakan hobi ini sudah sejak lama dia geluti. Bahkan sudah turun temurun dari orangtuanya.

“Benar hobi ini warisan dari orang tua, lalu saya teruskan, dan saat ini hobi merpati ini sudah bisa menjadi peluang bisnis,” ujar Fahmi kepada Galuh ID, Sabtu (11/1/2020).

Menurutnya, jika merpati meraih juara dalam perlombaan, maka otomatis harga akan melambung tinggi. Apalagi kejuaraannya kelas nasional, harganya sampai milyaran.

“Tapi saya belum pernah menjual sampai milyaran, hanya baru puluhan juta saja. Saya sering menjual bibit ke Bandung yang sudah menjadi langganan,” katanya.

Bisnis merpati, kata Fahmi sangat menggiurkan, kalau merpatinya sudah pernah juara dan usianya sudah tua (tidak layak terbang) biasanya langsung diternak dan diambil keturunananya.

“Nah, dari sana banyak para penghobi merpati yang lain tertarik untuk membeli keturunannya. Mulai bisnis merpati berjalan secara berlanjut. Enaknya bisnis di merpati nilainya tak terhingga, semakin bagus semakin mahal,” paparnya.

Fahmi menuturkan, di Pangandaran sudah ada wadah komunitasnya yaitu Persatuan Merpati Tinggi Indonesia (PMTI) Kabupaten Pangandaran.

“Komunitas ini sebagai wadah untuk para penghobi burung merpati tinggi di Pangandaran dan sering mengadakan kejuaraan,” tuturnya.

Diakui Fahmi, hobi bisnis merpati bisa menjadi mata pencaharian. “Jadi kalau ada yang bilang hobi merpati itu orang pemalas, salah besar, karena di sisi lain bisa jadi bisnis yang menggiurkan,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

BERITA SELANJUTNYA