Senin, Maret 4, 2024

Pentingnya Gakkumdu, Jaga Netralitas Pemilu di Kota Banjar

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Banjar, galuh.id – Pentingnya Gakkumdu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjar Jawa Barat kembali menggelar press release, Kamis (14/12/2023).

Tema kali ini yaitu Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) pada tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Banjar, Wahidan menyampaikan pentingnya fasilitasi Gakkumdu sebagai upaya menjaga integritas Pemilu.

Ia mengatakan, tujuan dari press release kali ini adalah untuk memfasilitasi Gakkumdu pada tahapan kampanye Pemilu 2024.

“Hasil rapat dengan pihak kejaksaan dan kepolisian mencerminkan harapan kita bersama akan Pemilu yang aman dan damai,” ujarnya.

Walaupun jenis pelanggaran Pemilu seperti administratif dan kode etik penyelenggara Pemilu menjadi perhatian, namun kerentanan terhadap money politic menjadi aspek yang paling rawan.

Money politic atau politik uang harus diantisipasi secara serius.

Lebih lanjut Wahidan menerangkan tiga jenis pelanggaran, antara lain pelanggaran administrasi, pelanggaran pidana Pemilu dan pelanggaran kode etik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Bali United Ingin Amankan Posisi Empat Besar, Pelatih Minta Move On

Info Liga 1, Galuh.id - Klub asal Kabupaten Gianyar, Bali United ingin amankan posisinya dalam klasemen sementara kompetisi BRI...

Artikel Terkait