Rabu, 15 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
 
 

Penyangga Jembatan Cigayam-Gunung Cupu Roboh, Para Pelajar Terhambat Sekolah

Ciamis, Galuh.ID – Penyangga Jembatan Cigayam yang menghubungkan dusun Cidolog dengan dusun Lengorsari desa Gunung Cupu kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis ambruk pada Rabu (14/11/2018), pukul 11:00 WIB.

Jembatan yang berada di jalan H. Makbul tersebut merupakan jalan yang berstatus jalan desa dan merupakan akses utama yang dilewati warga masyarakat Gunung Cupu, terutama para pelajar yang berangkat sekolah.

Ambruknya penyangga Jembatan Cigayam yang memiliki panjang 10 meter dan lebar 5 meter ini diduga karena tingginya arus air akibat hujan deras.

Saat penyangga jembatan roboh dua orang warga dusun Lengorsari, Aso (40) dan Ujang (41) yang sedang memancing sehingga tertimpa oleh reruntuhan penyangga jembatan, beruntung keduanya hanya mendapatkan luka ringan.

Yayat Syarif Dihayat, Ekbang Desa Gunungcupu Kecamatan Sindangkasih saat dihubungi lewat sambungan telepon membenarkan robohnya penyangga jembatan Cigayam. Menurut Yayat Jembatan Cigayam sudah berusia puluhan tahun sehingga tembok sudah lapuk.

Saat itu juga jembatan Cigayam langsung ditutup total sehingga tidak bisa dilewati oleh masyarakat, “apabila tidak ditutup akan mengakibatkan robohnya jembatan dan itu berbahaya bagi pengguna jalan,” kata Yayat.

Ditutupnya jembatan Cigayam menyebabkan pelajar yang berangkat sekolah harus melalui jalan sementara, yaitu dari Dusun Lengorsari saat ini harus memutar arah ke Dusun Pataruman, Desa Budiasih Kecamatan Sindangkasih. Begitu pun sebaliknya dari Dusun Cidolog yang akan ke Dusun Lengorsari harus memutar dari Desa Gunungcupu, dengan jarak sekitar 800 meter. Sehingga memakan waktu 20 menit menggunakan kendaraan, sementara apabila berjalan kaki bisa menghabiskan waktu satu jam.

Yayat langsung melaporkan kejadian tersebut pada BPBD Ciamis, Yayat berharap mendapat bantuan untuk memperbaiki jembatan agar bisa secepatnya digunakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Ani Supiani, Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD kabupaten ciamis membenarkan adanya laporan tersebut, tetapi menurut Ani kewenangan untuk memperbaiki jembatan bukan di BPBD.

“Untuk membantu perbaikan jembatan bukan kewenangan BPBD tetapi menjadi kewenangan Dinas PUPR kabupaten Ciamis,” pungkasnya.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Warga Resah, 4 Domba Mati Mengenaskan di Cibadak Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis dibuat resah dengan ditemukannya empat ekor domba mati yang disimpan di...

Temukan Kami

49,356FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Gaji ke-13 PNS Tahun 2020 Tak Kunjung Cair, Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Gaji ke-13 PNS tahun 2020 tak kunjung cair. Pemerintah hingga saat ini belum juga mencairkan tunjangan bagi para...

HP 1 Jutaan Untuk Pelajar, Belajar Dirumah Jadi Makin Nyaman

HP 1 Jutaan untuk Pelajar tentunya akan banyak dicari oleh para orang tua untuk anaknya. Mengingat sekolah masih belum bisa melakukan tatap...

PLN Salurkan Bantuan Pencegahan Covid-19 Senilai Rp 42,9 Milyar

Berita Nasional, galuh.id - PLN salurkan bantuan pencegahan Covid-19 senilai Rp. 42,9 Milyar, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk Disiplinkan Warga, Pemkab Ciamis Dukung Denda Tak Bermasker

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan terkait dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis dukung denda tak bermasker.

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...