Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Penyebar Video Hoaks “Polisi Minta Pungli” di Medsos Diciduk Polres Ciamis

Ciamis, galuh.idPolres Ciamis berhasil menangkap tersangka berinisial Y (31) yang diduga telah menyebarkan video hoaks polisi lalu lintas seolah-olah meminta pungutan liar (pungli) saat menilang.

Tersangka merupakan warga Pangandaran yang sedang bekerja di Karawang. Tersangka Y diketahui merekam polisi bernama Ecep Abdul Aziz pada saat melakukan tilang di Pos Pam Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis terhadap pengguna jalan yang melanggar marka jalan.

Tersangka Y merekam di dalam mobil atasannya dalam perjalanan menuju kabupaten Pangandaran pada hari Minggu, tanggal 23 Desember 2018. Dalam video tersebut tersangka berbicara seolah-olah polisi sedang meminta pungli tanpa mengetahui pembicaraan antara polisi dan pelanggar lalu lintas. Padahal polisi lalu lintas tersebut sedang menilang pelanggar marka jalan sesuai prosedur.

Rekaman video tersebut kemudian diunggah pertama kali oleh tersangka di grup facebook Karawang Info dengan diberi caption ‘Kabupaten Ciamis’. Video yang diunggahnya kemudian banyak dibagikan warga net lainnya dan menjadi viral.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso pada saat konferensi pers di Mapolres Ciamis (9/1/2019). Menurut AKBP Bismo tersangka mengambil rekaman Polisi saat bertugas seolah-olah polisi tersebut melakukan pungutan liar terhadap pelanggar marka jalan, padahal saat itu polisi sedang melakukan tindakan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Saat itu pengendara mobil bernama Windi Adam yang merupakan seorang panitera Pengadilan Negeri Sumedang melanggar marka jalan dan didenda sesuai dengan pelanggarannya.

Kapolres Ciamis AKBP. Bismo Teguh Prakoso pada saat konfrensi pers di Mapolres Ciamis

Ulah tersangka Y tersebut telah mencemarkan nama baik salah satu anggota kepolisian lalu lintas Polres Ciamis. Polisi kemudian melakukan klarifikasi, pengungkapan dan penangkapan terhadap tersangka.

“Dalam penyelidikan kepolisian telah meminta keterangan dari saksi ahli bahasa dan IT. Kemudian hasil dari penyelidikan oleh para ahli menyatakan penyebar video tersebut masuk dalam perbuatan melanggar hukum dan bisa dipidanakan,” tuturnya.

Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 27 jo Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. Tersangka terancam pidana 4 tahun penjara. Tetapi, saat ini tersangka tidak ditahan karena ancaman hukumannya kurang dari 5 tahun.

“Kepada semua masyarakat untuk tidak terburu-buru menyebarkan video-video atau berita yang belum tahu kebenarannya karena akan menimbulkan polemik di masyarakat,” pungkasnya.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Warga Resah, 4 Domba Mati Mengenaskan di Cibadak Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis dibuat resah dengan ditemukannya empat ekor domba mati yang disimpan di...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.