Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Penyekatan Usai, Pemudik Arus Balik di Ciamis Mulai Ramai

Berita Ciamis, galuh.id – Penyekatan usai, pemudik arus balik di Ciamis mulai ramai dan angkutan umum kembali beroperasi, Selasa (18/5/2021).

Arus lalu lintas sejumlah lokasi mulai ramai oleh kendaraan. Termasuk di Jalan Jenderal Sudirman Ciamis bus-bus terlihat berlalu-lalang.

Bahkan Terminal Ciamis mulai ramai oleh para penumpang berbagai tujuan baik yang pergi ke kota-kota di Jawa Tengah, Bandung, dan Jakarta.

Tirza (35), penumpang yang turun dari bus jurusan Jakarta mengaku baru bisa mudik saat ini.

Pasalnya, sebelum Lebaran banyak penyekatan sehingga ia tak bisa mudik pakai angkutan umum. Jika memaksakan khawatir malah putar balik.

“Jadi mendingan mudiknya beres penyekatan saja,” terang Tirza, warga Ciamis yang memiliki usaha berjualan di Jakarta.

Penyekatan Usai, Mudik Lebih Tenang

Ia mengaku lebih tenang mudik usai penyekatan. Kalau kembali lagi ke Jakarta bus juga ada. “Balik lagi nanti minggu depan,” ujar Tirza.

Sementara itu, Jojo (45) penumpang yang akan kembali ke Jakarta menuturkan saat mudik sebelum Lebaran memakai angkutan travel gelap.

“Ongkosnya 2 kali lipat. Satu orang bayar dari Jakarta ke Ciamis ada yang Rp 500 ribu bahkan sampai Rp 700 ribu,” jelasnya.

Namun karena rindu keluarga, Jojo terpaksa mudik saat itu meski ongkosnya mahal. Travel yang ia tumpangi pun lolos dari penyekatan.

Sekarang arus balik penyekatan sudah tidak ada. Jojo pun kembali lagi ke Jakarta memakai angkutan umum.

“Baliknya saya bisa naik bus. Ongkosnya tergolong lebih murah,” ujarnya.

Personalia Umum PO Gapuraning Rahayu (GR) Ekky Brata Kusuma mengatakan bus sudah mulai beroperasi sejak pagi, meski tidak semuanya.

Dari total 150 bus, yang beroperasi hanya 100 karena masih relatif sepi penumpang. Saat ini muatan satu bus paling banyak 30 orang.

“Bahkan tarif juga tidak naik. Ke Jakarta Rp 150 ribuan. Jadi masih belum bisa menutup operasional perusahaan,” ucapnya.

Namun pihaknya menyimpan harapan pebalik akan banyak dan pemudik masih ada, sehingga bisa membantu operasional perusahaan.

“Kami bersyukur tak ada penyekatan sekarang. Sehingga usaha lancar lagi. Meski panennya hari raya sudah lewat,” tuturnya. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan