Selasa, 13 April 2021
Selasa, 13 April 2021
BJB

Pertama di Indonesia, Ciamis Pasang Pendeteksi Kedatangan Kereta Api di Perlintasan Tanpa Palang Pintu

Ciamis, galuh.id – Minimnya palang pintu perlintasan kereta api di jalan raya berstatus jalan Kabupaten yang disediakan oleh PT. KAI memotivasi Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis untuk melakukan eksperimen dengan membuat alat sensor untuk mendeteksi kedatangan kereta api di perlintasan kereta api tanpa palang pintu. Selama ini palang pintu hanya ada di jalan berstatus nasional, sementara jalan berstatus jalan kabupaten, palang pintu masih minim.

Alat sensor ini berfungsi untuk memberikan peringatan kepada semua pengguna jalan yang melintas di perlintasan kereta api. Bunyi sirine akan berbunyi ketika kereta api sudah ada di jarak 100 meter dari perlintasan kereta, bunyi sirine ini memberikan peringatan pada pengguna jalan raya bahwa kereta sebentar lagi sampai di perlintasan, oleh karena itu pengguna jalan raya harus menghentikan kendaraannya dan menunggu kereta lewat terlebih dahulu.

Ir. Nana Supriatna, Kepala Dimas Perhubungan Kabupaten ciamis menjelaskan alat ini baru ada di Ciamis.

“Di Indonesia belum ada, saat ini masih masa uji coba dan masih belum sempurna, kadang masih terjadi eror dan akan terus disempurnakan,” katanya.

Alat sensor pendeteksi kedatangan kereta api ini dipasang di Kelurahan Benteng, rencananya alat sensor ini akan dipasang di 4 titik jalan perlintasan kereta api di Ciamis.

“Mudah mudahan apabila alat ini sudah sempurna, ke depan menjadi role model atau pilot project di Indonesia,” kata Nana.

Budi selaku warga Kelurahan Benteng yang rumahnya dekat perlintasan kereta yang dipasang alat sensor ini menyampaikan bahwa dirinya sangat terbantu dengan dengan adanya alat sensor tersebut

“Alhamdulillah bisa membantu para pengguna jalan, bisa lebih aman dan bisa menyelamatakan para pengguna jalan yang akan melintas,” kata Budi, Jum’at (18/01/2019).

Walau begitu kata Budi alat sensor ini masih sering eror. Budi mencontohkan misalnya kereta masih jauh, tetapi alat detektor dan sirinenya sudah berbunyi.

“Ke depan berharap alat ini segera sempurna supaya tidak membingungkan juga buat para pengendara yang akan melintas,” pungkasnya.

(Arul)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Ini Aturan Ibadah di Bulan Ramadhan Saat Pandemi di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar rakor tentang pelaksanaan ibadah pada bulan ramadhan bertempat di Aula Setda Ciamis, Senin (12/4/2021). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya...

Webinar Eco-Fest 2021, BEM FE UNIGAL Ciamis Bahas SDGs

Berita Ciamis, galuh.id - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh (BEM FE UNIGAL) Ciamis menggelar webinar sebagai puncak dari kegiatan Eco-Fest 2021. Acara puncak...

Warga Karyamukti Ciamis Olah Buah Aren Jadi Kolang Kaling

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi warga masyarakat Desa Karyamukti, Banjaranyar Ciamis, bulan puasa atau ramadhan merupakan bulan berkah. Hal tersebut terlihat ketika mereka sibuk...

Temukan Kami

47,744FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya