Jumat, April 12, 2024

Pilkada Ciamis 2024, Pengamat Politik: Parpol Harus PD Usung Kader Sendiri

Baca Juga
- Advertisement -

Ciamis, galuh.id – Pengamat Sosial dan Politik, Endin Lidinillah meminta partai politik (Parpol) percaya diri (PD) usung kader sendiri dalam gelaran Pilkada Ciamis 2024.

Endin mengatakan, peluang muncuknya 4 pasangan calon bupati dan wabup Ciamis cukup terbuka lebar.

Meskipun demikian, hasil Pemilu 2024 menunjukkan tidak ada partai yang bisa mengusulkan cabup-cawabup sendirian.

- Advertisement -

“Karena tidak ada yg memperoleh 20% (10 dari 50 kursi) jumlah kursi DPRD Ciamis, tetapi skema gabungan partai politik berpeluang bisa mengusulkan sampai 4 pasangan calon,” katanya, Kamis (29/2/2024).

Peluang tersebut, lanjut Endin, tergadung pada kepercayaan diri dan kalkulasi politik masing-masing parpol dalam memenangkan paslon yang diusungnya.

“Parpol harus percaya diri mengusung kadernya baik untuk cabup atau cawabup. Jangan menjadikan partai kendaraan politik orang luar,” tegasnya.

Endin menegaskan, parpol jangan terlalu silau dengan popularitas petahana, Herdiat Sunarya.

“Walaupun hasil survey di 2023 elektabilitasnya di atas 50%, tetapi tidak menutup kemungkinan turun kalau ada kompetitor yang memberikan tawaran menarik pada masyarakat,” katanya.

Apalagi, lanjut Endin, pada April 2024, masa jabatan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sebagai petahana akan habis.

“Sehingga ada waktu 7 bulan sebelum hari pencoblosan untuk membangun popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas paslon yang diusung partai,” kata Endin.

Endin menyebut, peluang gabungan partai pengusung paslon untuk memenangkan Pilkada Ciamis 2024 akan sangat terbuka.

“Dengan syarat semua parpol sepakat untuk menjadikan visi misi program dan citra paslon sebagai tawaran untuk mempengaruhi masyarakat pemilih,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Endin, Parpol juga harus sepakat melawan siapapun yang menggunakan money politic untuk mempengaruhi pemilih.

“Karenanya saya mengajak semua.pihak, baik parpol, penyelenggara pilkada, masyarakat pemilih dan bakal calon yang akan maju untuk mengubah demokrasi kita yang masih prosedural seremonial menjadi demokrasi yang subtanstif dan mengubah nasib masyarakat,” pungkasnya. (GaluhID)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Waspada DBD, Pemkot Banjar Imbau Warga Terapkan 3M Plus

Berita Banjar, galuh.id - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Banjar, Jawa Barat terus mengalami peningkatan. Penjabat (Pj) Walikota...

Artikel Terkait