oleh

POPNAS 2019: Kata Beregu Putra Sumbang Emas Ketiga Jabar

 
 

Berita Jabar, galuh.id – Trio karateka Yudha Fadillah Pratama, Gilang Waluyo, dan Syahrun Nizar Maulana Muttaqin dari kontingen Tim Jawa Barat (Jabar) mendulang emas ketiga pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2019.

Yudha cs menundukkan DKI Jakarta dalam final Kata Beregu Putra. Jabar di dalam final itu, menang tipis dengan skor 24,68 mengalahkan tim dari DKI Jakarta yang mendulang 24,42 poin.

Yudha dan kawan-kawan pada kompetisi ini tampil meyakinkan dengan peragaan gerakan yang sempurna tanpa goyah, bahkan tampak memiliki kepercayaan diri penuh.

“Teknik sempurna, performa luar biasa dari speed, tenaga, kecepatan, fokus, dan irama. Aplikasi Bunkai juga realistis,” ucap Yedih Lesmana, Penanggung Jawab Cabor Karate Kontingen Tim Jabar

Cabang karate benar-benar menjadi bintang dalam POPNAS kali ini. Setelah pada hari pertama kemarin menyumbangkan dua emas, pada hari kedua, Senin (18/11/2018) ini, karate sukses menambah medali emas ketiga bagi kontingen Jawa Barat.

Adapun, dari tiga emas yang didapat Jabar hingga hari kedua, Senin (18/11), dua lainnya pun disumbang dari cabor karate lewat torehan Yudha di nomor kata perorangan putra dan Ridwan Pawas di nomor kumite 76 kg putra.

Lanjut Yedih Lesmana, dua emas yang didapat Yudha dari nomor perorangan dan beregu. Ia berujar bahwa atlet kelahiran Depok 3 November 2002 itu memang yang terbaik di antara karateka binaan PPLP Jabar.

“Yudha memang yang terbaik. Tapi Gilang dan Nizar juga bagus. Jadi mereka bertiga ini kompak, memang tim ini sudah pas. Saat Yudha ke pelatnas pun, Gilang dan Nizar tetap konsisten latihan, mengikuti program,” puji Yedih.

Ketiga karateka peraih emas kata beregu putra POPNAS XV/2019 itu sendiri merupakan siswa kelas 3 SMA sehingga dipastikan tidak akan mengikuti turnamen antar pelajar mulai tahun depan.

Yedih berharap, mereka bisa tetap menjaga diri di tingkat berikutnya. “Di senior nanti kalau tingkat kecemasan di-manage, pasti prestasi bagus. Kalau was-was terus, tidak akan keluar permainan. Bisa jadi nanti di senior menghilang (prestasi),” ujarnya.

Sebelum memastikan emas nomor kata beregu putra, Yudha, Gilang, dan Nizar lebih dulu mengalahkan Sulawesi Selatan dan Banten dengan poin tertinggi 23,88.

Usai pertandingan, Yudha sendiri mengaku senang bisa menyumbang dua emas bagi Kontingen Tim Jabar. “Semoga bisa jadi motivasi untuk teman-teman yang belum bermain,” ucap Yudha.

Sementara itu, Tim Putri Jabar hanya puas mengoleksi perak di nomor kata beregu putri usai kalah dari Banten. Tim Putri Jabar mendapatkan skor 23,94, kalah tipis dari Tim Banten yang merengkuh skor 24,1. (GaluhID/Dhi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA