Rabu, 30 September 2020
Rabu, 30 September 2020
 
 

Prediksi Peneliti, Covid-19 Akan Berakhir Bulan September

Berita Nasional, galuh.id – Peneliti Singapore, Driven Innovation Lab di University of Technology and Design, Jianxi Luo, membuat prediksi berbasis data-driven tentang akhir wabah Covid-19 di seluruh dunia. Selasa (28/04/2020).

Dilansir dalam laman Tempo, prediksi itu menyatakan bahwa di Indonesia akan terbebas 100 persen dari wabah virus Corona pada 7 September 2020.

Lebih lanjut lagi, dalam penelitian tersebut, pandemi Covid-19 akan berakhir di Indonesia dalam tiga waktu. Diantaranya yakni 97 persen di 7 Juni 2020, 99 persen di 29 Juni 2020, dan 100 persen di 7 September 2020.

Sementara, Wakil Kepala Bidang Penelitian Fundamental Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman Institute, Herawati Sudoyo angkat bicara ihwal penelitian terkait prediksi usai pandemi Covid-19 tersebut.

Dia mengatakan, penelitian itu awalnya hanya memprediksi Singapura. Dalam perhitungannya, yakni dengan menggunakan model SIR, menghitung S yaitu jumlah susceptible individuals, Infected dan Recovered individu.

“Yang ternyata sesuai dengan keadaan negara itu. Data diperoleh dari Our World in Data, yang memang diperoleh dari data negara masing-masing,” ujar Herawati.

Pihaknya mengingatkan agar pemerintah dan masyarakat lebih berhati-hati lagi, terhitung ada jeda tiga bulan dari 99 persen ke 100 persen.

“Harus lebih berhati-hati dan tidak lengah. Rata-rata dari masyarakat belum benar-benar tahu karakter virus ini seperti apa,” terangnya.

Herawati menuturkan, bahwa hasil dari penelitian ini bisa sesuai jika pemerintah mengambil kebijakan yang tepat dan masyarakat yang benar-benar disiplin.

Dia melanjutkan, data ini per 25 April dan sudah disadari bahwa perubahan kebijakan pemerintah sangat berperan. “Juga perilaku masing-masing individu itu sendiri,” katanya.

Sebelumnya, Luo yang mewakili Driven Innovation Lab, berharap penelitiannya mampu menekan kecemasan masyarakat.

Dia juga ingin masyarakat menyiapkan mentalnya pada fase berikut dari evolusi pandemi ini, entah dalam bentuk membaik atau memburuk.

Lalu, menurutnya, prediksi Covid-19 akan berakhir semacam ini juga bisa menjadi rujukan bagi pemerintah untuk nantinya menentukan kebijakan ke depan mau seperti apa. (GaluhID/Maulana)

Loading...

Artikel Terkait

Kepesertaan Prakerja Dicabut, Masih Bolehkah Daftar?

Jika kepesertaan Prakerja dicabut, masih bolehkah mendaftar lagi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Apalagi Manajemen Kartu Prakerja menyatakan gelombang...

Umrah Dibuka Kembali, Apakah Berlaku Juga Bagi WNI?

Umrah dibuka kembali? Apakah warga Indonesia sudah bisa kembali menjalankan ibadah di tanah suci ini? Bagi umat Islam, mengunjungi...

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Akankah Dibuka?

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 pasti menjadi pertanyaan banyak orang. Pasalnya, masih banyak para pendaftar yang tidak lolos evaluasi di gelombang-gelombang sebelumnya.

Temukan Kami

48,723FansSuka
189PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pemkab Ciamis Menata Pelembagaan dan SOTK Perangkat Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis menggelar kegiatan penataan pelembagaan dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja atau SOTK Perangkat Daerah...

Liga 1 dan Liga 2 Ditunda Sampai November 2020

Berita Olahraga, galuh.id - PSSI telah mengumumkan kalau kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ditunda hingga bulan November 2020. Hal ini dikarenakan...

Update Level Kewaspadaan Covid-19, 5 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah

Berita Jabar, galuh.id – Sebanyak 5 daerah di Jabar masuk zona merah. Hal itu disampaikan Gubernur Jabar sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan...

Tanaman Janda Bolong Termahal, Bagaimana Cara Merawatnya?

Tanaman Janda Bolong termahal ini sedang dibicarakan oleh banyak orang. Pada media sosial, sejumlah netizen tak henti membagikan foto Janda Bolong melalui...

Kepesertaan Prakerja Dicabut, Masih Bolehkah Daftar?

Jika kepesertaan Prakerja dicabut, masih bolehkah mendaftar lagi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Apalagi Manajemen Kartu Prakerja menyatakan gelombang...