Sabtu, 16 Januari 2021
Sabtu, 16 Januari 2021
 
 

PT KAI Ajak Warga Ciamis Jaga Sarana Penunjang Kereta Api

Ciamis, galuh.id – PT KAI mengajak warga Ciamis untuk menjaga sarana dan prasarana kereta api.

Deputy Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (KAI), Hendra Wahyono, mengatakan, di daerah lain begitu marak aksi perusakan, juga pembajakan fasilitas kereta api.

“Berharap agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti pelemparan dan perusakan terhadap fasilitas perkeretaapian,” kata Hendra, saat bertemu dengan sejumlah wartawan di kantor PWI Ciamis, beberapa waktu lalu.

Hendra menyebutkan, aksi pelemparan terkadang dilakukan lantaran iseng dan rata-rata pelakunya anak kecil.

“Untungnya, tidak sampai mengganggu lajunya kereta karena pelemparan itu,” ungkapnya.

“KAI menyayangkan jika ada kejadian pelemparan ke arah kereta api yang sedang beroperasi, tidak hanya dapat merusak fasilitas tapi juga mengganggu keselamatan ratusan penumpang yang ada di dalamnya,” kata Hendra.

Hendra menambahkan, ada juga di beberapa tempat oknum yang mencuri besi jalur kereta api. Padahal apa yang ada di jalur kereta itu untuk keselamatan dan kelancaran laju kereta api.

“Sangat membahayakan sekali bila ada oknum yang tidak bertanggung jawab, merusak dan mencuri fasilitas kereta api tersebut, bahaya dan resikonya kepada penumpang,” lanjutnya.

Menurutnya, harga jualnya tidak seberapa, tapi PT KAI harus menanggung kerugian besar. Apalagi PT KAI juga bertanggungjawab atas keselamatan penumpang.

“Aksi tidak terpuji tersebut dapat mengganggu operasi kereta api. Jika sudah begitu, maka dapat menggangu aktivitas perekonomian masyarakat,” katanya.

Hendra menegaskan, sebagai fasilitas publik yang digunakan oleh para penumpang setiap hari, kereta api merupakan andalan masyarakat untuk beraktivitas.

“Mudah-mudahan di wilayah hukum Kabupaten Ciamis tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bersama-sama menjaga fasilitas dan sarana PT KAI untuk kenyamanan dan kelancaran para penumpang kereta api, khususnya masyarakat Ciamis, juga untuk kemajuan perkeretaan di Ciamis,” pungkasnya. (Galuh.id/Riyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Peluang Ekonomi Ciamis Jadi Tuan Rumah Porprov Jabar 2022

Berita Ciamis, galuh.id - Penunjukan kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar 2022 menjadi peluang bagi masyarakat. Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan...

Forum Semua Bicara FKB Ciamis, Satukan Persepsi Demi Bangsa

Berita Ciamis, galuh.id - Forum Ketahanan Bangsa (FKB) Kabupaten Ciamis menggelar acara yang bertajuk Semua Bicara pada hari Kamis (14/1/2021). Kegiatan dalam forum tersebut dengan...

Kadisidik Ciamis Tinjau SDN 1 Cibadak Banjarsari Yang Retak

Berita Ciamis, galuh.id - Plt. Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Asep Saepul Rahmat, mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Cibadak Banjarsari Ciamis, Kamis (14/01/2021). Kunjungan Plt....

Temukan Kami

48,150FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya