Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Pungli E-KTP di Ciamis, Oknum Honorer Disdukcapil Kena OTT

Ciamis, galuh.id – Pungli E-KTP di Ciamis dilakukan oleh dua orang oknum honorer di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis. Keduanya kemudian terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) saat melakukan pungli oleh Polda Jabar yang bekerjasama dengan Polres Ciamis, Rabu (15/05/2019).

Pelaku yang berinisial M dan S melakukan pungli dalam pengurusan e-KTP untuk digunakan persyaratan paspor naik haji.

“Benar ada dua oknum honorer yang bertugas di Disdukcapil Ciamis melakukan pungli dalam pengurusan e-KTP untuk memenuhi syarat naik haji dan saat ini sedang dalam proses pemeriksaan dan dimintai keterangan,” ujar Kasat Rekrim  Polres Ciamis AKP Hendra Virmanto SIk saat dikonfirmasi, Rabu (15/05/2019).

Hendra mengatakan kedua pelaku tersebut terkena Operasi Tangkap Tangan oleh Cyber Pungli Polda Jabar yang bekerjasama dengan Polres Ciamis. Kerjasama tersebut dilakuoan guna untuk memberantas pungli yang dinilai merugikan masyarakat.

“Oknum pelaku sedang diperiksa oleh Polda Jabar dan nantinya setelah selesai hasilnya dilaporkan ke Polres Ciamis untuk ditindaklanjuti,” tuturnya.

Hendra juga menuturkan modus pungli E-KTP di Ciamis yang dilakukan oleh oknum tersebut adalah dengan meminta kompensasi untuk mengurus e-KTP yang digunakan sebagai salah satu persyaratan naik haji.

“E-KTP korban sebelumnya hilang, sedangkan dia memerlukan e-KTP tersebut untuk membuat paspor maka harus bikin ulang e-KTPnya, pelaku meminta uang sebesar 100 ribu per KTP. Saat ini sedang dihitung total kerugiannya,” katanya. (galuh.id/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.