Minggu, 12 Juli 2020
Minggu, 12 Juli 2020
 
 

Rakor Baznas, Wabup Ciamis Dorong Adanya Kesadaran Berzakat

Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, berharap kesadaran masyarakat untuk berzakat makin meningkat. Hal ini disampaikan Yana pada sambutan acara Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten Ciamis di Aula Baznas Kabupaten Ciamis, Senin (8/7/2019).

“Secara nilai penghasilan dari zakat, infaq dan sodaqoh secara umum meningkat, cuma masih bisa kita optimalkan lagi, bisa kita maksimalkan lagi, caranya yaitu dengan membangun kesadaran,” ujar Yana.

Lebih lanjut Yana mengatakan regulasinya sudah ada, yakni Peraturan Daerah. “Tinggal Peraturan Bupatinya, insya Allah dalam waktu dekat,” kata Yana.

Ketika semua warga sadar untuk berinfaq, sodakoh dan berzakat, kata Yana, hal itu bisa membantu program pemerintahannya ke depan, salah satunya untuk memperdayakan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan.

“Intinya kita membangun kesadaran kepada warga masyarakat Tatar Galuh Ciamis, khususnya kaum muslimin-muslimat, lebih khususnya bagi yang sudah mampu untuk sesadar-sadarnya membayar zakat, paling tidak kalau Aparatur Sipil Negara(ASN) ada zakat penghasilan,” kata Yana.

Salah satu upaya mengentaskan kemiskinan tersebut yakni melalui program Rutilahu. Yana menyebutkan program Rutilahu ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Terutama warga yang rumahnya sudah tidak layak huni,” kata Yana D Putra.

Pembukaan Rakor sendiri dipimpin oleh Ketua Baznas Ciamis, Drs. KH. Saeful Ujun. Dalam sambutannya, Saeful mengatakan Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

“Baznas merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggungjawab kepada Presiden melalui Menteri Agama,” katanya. (galuh.id/Edis)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Jadwal Laga Uji Coba Tiga Tim Liga 2 Akhir Pekan Ini

Info Liga 2, galuh.id - Tiga tim Liga 2 akan menjalani serangkaian laga uji coba pada akhir pekan ini, sebelum turun berlaga...

Kisah Dibalik 27 Makam yang Digali Bagian Kepalanya di Tasikmalaya, Apa Motif Pelaku?

Tasikmalaya, galuh.id - Sebanyak 27 makam di Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat digali orang tak bertanggungjawab, Jum’at (8/11/2019) lalu....

Massa Geruduk Kantor Bawaslu Ciamis

Ciamis, galuh.id - Ratusan orang dari Aliansi Gerakan Anti Pemilu Curang mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis, Senin (29/04/2019).

Sale Pisang Ciamis Tembus Pasar Ekspor Malaysia

Berita Ciamis, galuh.id - Sale Pisang organik asal kabupaten Ciamis telah menembus pasar ekspor negara Malaysia. Pengiriman perdana tersebut dilakukan pada Juni...

Rekap Hasil dan Klasemen Pekan ke-21 Liga 2 2019 Wilayah Barat

Info Liga 2, galuh.id - Jadwal Liga 2 pekan ke-21 yang tersaji pada, Senin, 7 Oktober 2019 ada enam laga, empat laga...