oleh

Rakor Baznas, Wabup Ciamis Dorong Adanya Kesadaran Berzakat

Hubungi
 
 

Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, berharap kesadaran masyarakat untuk berzakat makin meningkat. Hal ini disampaikan Yana pada sambutan acara Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten Ciamis di Aula Baznas Kabupaten Ciamis, Senin (8/7/2019).

“Secara nilai penghasilan dari zakat, infaq dan sodaqoh secara umum meningkat, cuma masih bisa kita optimalkan lagi, bisa kita maksimalkan lagi, caranya yaitu dengan membangun kesadaran,” ujar Yana.

Loading...

Lebih lanjut Yana mengatakan regulasinya sudah ada, yakni Peraturan Daerah. “Tinggal Peraturan Bupatinya, insya Allah dalam waktu dekat,” kata Yana.

Ketika semua warga sadar untuk berinfaq, sodakoh dan berzakat, kata Yana, hal itu bisa membantu program pemerintahannya ke depan, salah satunya untuk memperdayakan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan.

“Intinya kita membangun kesadaran kepada warga masyarakat Tatar Galuh Ciamis, khususnya kaum muslimin-muslimat, lebih khususnya bagi yang sudah mampu untuk sesadar-sadarnya membayar zakat, paling tidak kalau Aparatur Sipil Negara(ASN) ada zakat penghasilan,” kata Yana.

Salah satu upaya mengentaskan kemiskinan tersebut yakni melalui program Rutilahu. Yana menyebutkan program Rutilahu ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Terutama warga yang rumahnya sudah tidak layak huni,” kata Yana D Putra.

Pembukaan Rakor sendiri dipimpin oleh Ketua Baznas Ciamis, Drs. KH. Saeful Ujun. Dalam sambutannya, Saeful mengatakan Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

“Baznas merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggungjawab kepada Presiden melalui Menteri Agama,” katanya. (galuh.id/Edis)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA