Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Saat Pandemi Corona, 5 Orang Pengidap HIV/AIDS di Ciamis Meninggal Dunia

Berita Ciamis, galuh.id – Saat pandemi Covid-19 mewabah, perhatian semua pihak hingga kini masih terpusat pada penanganan Corona. Akibatnya, penyakit lain menjadi terabaikan. Padahal banyak penyakit lainnya yang membutuhkan perhatian.

Misalnya seperti penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Penyakit mematikan yang disebabkan oleh HIV (human immunodeficiency virus) ini pun tak kalah pentingnya dengan virus Corona.

Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. HIV inilah yang menyebabkan penyakit AIDS.

Sedikitnya ada 5 orang pengidap HIV/AIDS di Ciamis yang dilaporkan meninggal dunia. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Ciamis, secara akumulatif angka pengidap HIV/AIDS  sejak 2001-2020 mencapai 515 kasus. Kemudian di tahun 2020, ditemukan 12 kasus baru HIV/AIDS.

Kematian Pengidap HIV/AIDS di Ciamis

Angka kematian pengidap HIV/AIDS di Ciamis rata-rata 7 sampai 17 kasus. Bahkan kematian tertinggi akibat HIV/AIDS terjadi di tahun 2016, yakni sebanyak 17 orang. Penyebab kematiannya karena disertai penyakit penyerta.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ciamis, Bayu Yudiawan, menjelaskan penyebab kematian pengidap HIV/AIDS lebih karena penyakit penyerta. Karena daya tahan tubuh pasien mengalami penurunan.

“5 orang pengidap AIDS meninggal di tahun ini. 4 orang karena memiliki penyakit TBC dan 1 orang karena Toksoplasma,” ujar Bayu, Selasa (2/6/2020).

Bayu Yudiawan juga menyebut, deteksi pengungkapan kasus penyebaran HIV/AIDS di kabupaten Ciamis pada tahun 2020, terganggu dikarenakan dampak dari pandemi Covid-19.

Kendati demikian, angka kasus HIV/AIDS di Ciamis cenderung mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di tahun 2019, pengungkapan kasus baru bisa mencapai 77 orang.

“Kondisinya memang sedang pandemi Corona. Jadi pengungkapan pun tidak maksimal. Perhatian sekarang cenderung untuk penanganan Covid-19,” kata dia.

Lebih lanjut Bayu menerangkan, kasus HIV/AIDS di Ciamis didominasi oleh populasi kunci. Yakni wanita pekerja seks (WPS), LSS (Lelaki Seks dengan Lelaki), dan ibu rumah tangga yang tertular oleh suaminya karena sering ‘jajan di luar’.

Dinkes Ciamis juga berupaya untuk menjaga ODHA (sebutan pengidap HIV/AIDS) di Ciamis agar terhindar dari penyebaran Covid-19. Sebab, ODHA termasuk rentan tertular karena imunnya berbeda dengan orang lain.

Maka dari itu, dalam pemberian obat rejimen anti-retroviral (ARV) pun diberikan sekaligus dua bulan sekali.

”Kami khawatir jika mereka (ODHA) terular karena sering keluar masuk rumah sakit untuk mengambil obat ARV. Jadi kami berikan setiap dua bulan sekali,” pungkas Bayu. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Potensi Wisata Kecamatan Banjaranyar Ciamis, Dari Kampung Madu Sampai Air Terjun

Berita Ciamis, galuh.id - Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis merupakan pemekaran dari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Banjaranyar sendiri saat ini baru menginjak usia...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Bupati Ciamis akan Ubah Hutan Produksi di Gunung Sawal Jadi Hutan Lindung

Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membahas perubahan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Ciamis yang baru. Pembahasan digelar di...

Angkot ber-AC Siap ‘Ramaikan’ Jalanan di Ciamis

CIAMIS , galuh.id - Organda Ciamis menggagas angkot ber-AC (Air Conditioner), hal ini disambut baik oleh pengusaha angkutan umum di Kabupaten Ciamis. Gagasan angkot...

Jalan di Banjarsari Ciamis Terancam longsor, Warga Minta Pemda Turun Tangan

Jalan di Banjarsari Ciamis Terancam longsor, Warga Minta Pemda Turun Tangan Berita Banjarsari, galuh.id - Sebuah jalan yang berada...

3 Pemain Seleksi Kembali Dicoret PSGC Ciamis

Ciamis, galuh.id – Tim pelatih PSGC Ciamis kembali mencoret 3 pemain seleksi pasca uji coba dengan Pesik Kuningan, Sabtu (2/6/2019). Tim pelatih...

Turnamen Sepakbola Agustusan Hibur Warga Ciamis

Cijeungjing, galuh.id - Jelang Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun warga Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kebupaten Ciamis, Jawa Barat menggelar...