Jumat, 23 April 2021
Jumat, 23 April 2021
BJB

Satu Pasien Positif Corona Meninggal Dunia di RSUD Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Satu orang pasien di Ciamis positif Corona meninggal dunia saat menjalani perawatan medis di RSUD kabupaten Ciamis, pada Jumat (12/6/2020).

Pasien positif Covid-19 yang meninggal tersebut diketahui memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Direktur RSUD Ciamis dr Rizali, dalam keterangan resminya mengatakan, awalnya pasien itu datang ke RSUD Ciamis sebagai pasien biasa. Pasien dirawat karena memiliki penyakit lain.

”Kami memang merawat pasien dengan hasil PCR Covid positif. Namun pasien itu sebelumnya datang sebagai pasien biasa. Dia dirawat di RSUD selama 8 hari, dikarenakan ada penyakit lain,” kata dr Rizali, Sabtu (13/6/2020).

Pasien Positif Corona Meninggal Dunia Diketahui Memiliki Penyakit Penyerta

Rizali menjelaskan, pasien itu baru diketahui terinfeksi positif Covid-19 saat akan dirujuk ke rumah sakit lain. Saat dilakukan rapid test, hasilnya menunjukkan reaktif. Begitu pun dengan hasil PCR-nya yang menunjukkan positif Covid-19.

”Dari rapid test reaktif itu, kami tindaklanjuti dengan pemeriksaan swab. Didapatkan hasilnya ternyata positif Covid-19. Kemudian pasiennya kami pindahkan ke ruang isolasi,” jelas Rizali.

Setelah sempat dirawat selama 2 hari di RSUD Ciamis, pasien positif Corona meninggal dunia pada hari Jumat (12/6/2020) pukul 5 sore.

Lalu dilakukan penatalaksanaan tata cara protokol kesehatan dan penanganan sampai dengan proses penguburan.

Pihaknya juga telah melakukan tracing kepada para tenaga medis yang berhubungan langsung dengan pasien dan kepada mereka dilakukan pemeriksaan swab.

Ada 64 tenaga medis yang dilakukan pemeriksaan. Untuk tenaga yang kontak, ada yang isolasi mandiri, ada juga yang dikarantina di salah satu ruangan di RSUD Ciamis.

”Kita menunggu hasil, mudah-mudahan secepatnya ada. Agar tindaklanjut untuk para tenaga kami yang kemarin kontak dengan pasien itu, bisa dilakukan dengan secepatnya,” terang Rizali.

Rizali juga meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir. Pihaknya memastikan RSUD Ciamis sudah menetapkan protokol kesehatan. Ruangan sudah didesinfeksi. Tenaga medis pun sudah dilakukan tindakan dengan melakukan isolasi.

Selain itu, ada protokol kesehatan yang dilakukan di depan RSUD, serta pemeriksaan untuk skrining bagi yang akan masuk ke RSUD Ciamis.

”Untuk masyarakat yang akan datang ke RSUD Ciamis, jangan khawatir. Kita sudah lakukan langkah-langkah sesuai protokol kesehatan,” pungkas Rizali. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,715FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya