Baregbeg, galuh.id – Sekolah Dasar Negeri 1 Saguling yang merupakan sekolah model mendapatkan penghargaan Best Practice melalui metode pembelajaran flash card. SDN 1 Saguling yang terletak di Desa Saguling Kecamatan Baregbeg merupakan salah satu sekolah model dari 5 sekolah imbas di lingkungan UPTD pendidikan kecamatan Baregbeg.

Sebagai Informasi, Sekolah model harus memiliki 5 sekolah imbas sesuai dengan kondisi di wilayah masing-masing.Sekolah imbas merupakan sekolah binaan dari sekolah model. Ditunjuknya sekolah sebagai sekolah imbas berdasarkan pertimbangan antara lain sekolah imbas memiliki akses terutama transportasi, komunikasi, kerjasama dan koordinasi dengan sekolah model.

Kustawan, kepala sekolah SDN 1 Saguling menyampaikan dengan ditunjuknya sebagai sekolah model maka Ia bersama timnya bertekad untuk memiliki nilai lebih dari sekolah lain dan harus mengikuti setiap program dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Kustawan yang di temui di sela-sela kegiatannya di sekolah, Rabu (12/12/2018) menuturkan kegiatan yang diikuti saat ini yakni penilaian Best Practice sekolah model Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

“Kami merasa bangga dan bahagia dari 440 sekolah model yang diperiksa bersukur kami masuk 9 besar,” terangnya.

Diakui Kustawan penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras semua tim yang tanpa lelah memberikan pikiran dan tenaganya sehingga bisa mencapai masuk 9 besar.

Dr H. Nono Mulyono selaku pengawas sekolah berharap sekolah model ini bisa menjadi sekolah rujukan dari sekolah lain yang ada di Kabupaten Ciamis atau dari luar Kabupaten Ciamis.

Nono menyarankan setiap sekolah harus memaksimalkan peran media seperti website dan media sosial yang saat ini peranannya sangat cepat untuk menginformasikan segala informasi.

“Sekolah harus memiliki website sebagai media informasi sekolah untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah agar nantinya setiap kegiatan sekolah bisa menyebar informasinya secara luas,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi kurikulum SD Dinas Pendidikan Kab Ciamis Mastur sangat mengapresiasi prestasi yang diraih Sekolah yang di pimpin Kustawan tersebut.

“Kami bangga atas prestasi ini. Berharap ke depan ada sekolah-sekolah lain yang mendapatkan penghargaan dan semoga ini menjadi motivasi bagi sekolah lain,” paparnya.

Mastur menuturkan terkait bantuan dana oprasional untuk sekolah model akan membicarakan dan mengajukan ke dinas pendidikan kabupaten Ciamis, “semoga terealisasi,” pungkasnya.

(Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini