Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Segera Login sscn.bkn.go.id Daftar Ulang SKB CPNS 2019, Berikut Cara Pilih Lokasi Tes

Berita Nasional, galuh.id – Segera login sscn.bkn.go.id untuk melakukan daftar ulang bagi peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil formasi tahun 2019.

Peserta SKB CPNS wajib melakukan daftar ulang yang dimulai 1 Agustus 2020 dan akan berakhir pada 7 Agustus mendatang
.
Pelaksanaan daftar ulang dapat dilakukan masing-masing peserta dengan cara mengakses di login sscn.bkn.go.id.

Baca Juga: SKB untuk CPNS 2019 Segera Digelar, Ini yang Harus Diperhatikan

Selain mendaftar ulang, peserta ujian SKB CPNS formasi 2019 dapat memilih kembali lokasi tes.

Peserta juga diperkenankan untuk melakukan perubahan lokasi tes sebanyak 3 kali pada tanggal 1 Agustus hingga 7 Agustus 2020.

Mulai 8 Agustus, peserta wajib melakukan pencetakan kartu tanda peserta ujian SKB melalui akun masing-masing peserta login sscn.bkn.go.id

Kartu ujian SKB tersebut tampilannya mirip dengan kartu ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Di dalam kartu tercantum data diri, PIN, foto, hingga tanda tangan peserta.

Setelah sebelumnya tertunda karena pandemi Corona, SKB Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 akan kembali dilanjutkan mulai 1 September mendatang.

Tahapan daftar ulangnya dimulai pada hari Sabtu tanggal 1 Agustus sampai 7 Agustus 2020.

Hal itu sesuai surat No 14/PANPEL.BKN/CPNS/VII/2020. Mengenai pendaftaran ulang peserta SKB pada Seleksi CPNS formasi 2019 Badan Kepegawaian Negara tahun anggaran 2020.

Saat dihubungi, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengonfirmasi jadwal daftar ulang tersebut.

“Menurut jadwal iya. Daftar ulang sudah mulai,” ujar dia, dikutip dari Kompas, Sabtu (1/8/2020).

Lalu seperti apa alur tahapannya?

Login sscn.bkn.go.id Peserta SKB dari 1-7 Agustus 2020

Proses Daftar Ulang

Paryono menjelaskan, untuk memulai proses daftar ulang, peserta harus terlebih dahulu login sscn.bkn.go.id kemudian login dengan akun masing-masing.

Kemudian peserta bisa memilih lokasi tes melalui menu Resume Pendaftaran.

Peserta dapat mengubah pilihan lokasi ujian sebanyak 3 kali saat melakukan daftar ulang dari tanggal 1 sampai 7 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

Selain itu, peserta SKB juga dapat melihat informasi lebih lanjut mengenai pengumuman instansi masing-masing.

Pilih Lokasi Tes

Selanjutnya, peserta SKB dapat mengisi lokasi domisili bersadarkan lokasi keberadaan saat ini. Lokasi domisili ini dibagi menjadi 2 yaitu Dalam Negeri dan Luar Negeri.

Jika peserta memilih Dalam Negeri, maka pada isian kolom provinsi, peserta dapat memilih provinsi sesuai dengan lokasi menetap saat ini.

Misalnya, instansi yang dipilih peserta ada di Bandung, tapi domisili peserta di Yogyakarta. Maka peserta tak harus ke Bandung. Peserta dapat memilih lokasi tes di Yogyakarta.

“Ini untuk mengurangi pergerakan peserta. Dari satu provinsi ke provinsi lain,” ujar Paryono.

Berikutnya, pada isian Kabupaten/Kota di laman lalu login sscn.bkn.go.id peserta dapat memilih Kabupaten ataupun Kota tempat peserta akan melakukan tes SKB.

Lalu peserta memilih titik lokasi tes SKB. Peserta bisa memilih titik lokasi tes yang tersedia pada Kabupaten/Kota tempat akan dilaksanakannya tes SKB.

Setelah memilih titik lokasi tes SKB dan peserta sudah yakin, kemudian peserta dapat memilih tombol Simpan.

Jika ada kesalahan dalam pemilihan lokasi tes dan dalam kondisi sudah disimpan, maka peserta masih bisa mengubah titik lokasi tes. Tapi hanya tersisa 2 kali kesempatan lagi.

Peserta pun dapat memilih lokasi domisili luar negeri. Memilih lokasi tes luar negeri. Peserta dapat memilih negaranya. Lalu memilih titik lokasi tes SKB sesuai lokasi yang tersedia.

Apabila peserta memilih lokasi tes mulai dari tanggal 8 Agustus 2020, maka peserta hanya dapat memilih lokasi tes SKB sebanyak 1 kali.

Cetak Kartu Ujian

Setelah selesai memilih lokasi tes, peserta dapat melakukan pencetakan kartu ujian SKB mulai dari tanggal 8 Agustus 2020.

Adapun pada tampilan kartu ujian SKB yang sudah tercetak mirip seperti kartu ujian SKD. Di sana, ada data diri peserta, dari PIN, foto, hingga tanda-tangan peserta.

Kartu ujian SKB ini ada 2 bagian dalam 1 lembar. Pada bagian atas adalah Kartu Peserta Ujian SKB CPNS 2019. Sementara di bagian bawah adalah Lembar Panitia Ujian SKB CPNS 2019.

Seperti itulah tahapan yang harus dilalui oleh peserta SKB CPNS formasi 2019. Bagi peserta yang belum daftar ulang, segera login sscn.bkn.go.id melalui akun masing-masing. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Awan Tsunami di Meulaboh, Benarkah Pertanda Tsunami dan Gempa?

Awan Tsunami di Meulaboh, kabupaten Aceh Barat pada Senin 10 Agustus 2020 viral di media sosial. Warga Meulaboh mengabadikannya melalui foto dan...

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4, Ini Caranya Biar Lolos

Berita Nasional, galuh.id - Pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 4 sudah bisa dilakukan mulai Sabtu (8/8/2020) kemarin, setelah pemerintah resmi membuka pendaftaran.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Online, Caranya Login www.prakerja.go.id

Berita Nasional, galuh.id - Daftar kartu Prakerja gelombang 4 online sudah dibuka. Caranya dengan login www.prakerja.go.id yang merupakan situs resmi Prakerja.

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...