oleh

Mengenang Kembali Fase-Fase Penting Sejarah Persija Jakarta

Hubungi
 
 

Sejarah Persija Jakarta tak lepas dari sejarah berdirinya Republik Indonesia. Tim berjuluk Macan Kemayoran ini berdiri pada tahun 1928 tepat sebulan setelah sumpah pemuda atau pada 28 November 1928.

Persija bermarkas di ibukota Jakarta, sehingga melongok sejarahnya, mesti juga melihat sejarah Batavia sebelum diubah menjadi Jakarta.

Loading...

Di Batavia saat itu berdiri sebuat klub sepak bola bernama VIJ (Voetbalbond Indonesish Jacatra). VJI menjadi tim sepak bola satu-satunya di Batavia.

Dikutip Galuh ID dari berbagai sumber, VIJ didirikan oleh Soeri dan A. Alie Subrata. Keduanya merupakan tokoh klub lokal Jakarta. Soeri berasal dari klub Setyaki, sementara A Alie berasal dari Klub Setua Tuhu Enggona Rukun atau lebih dikenal dengan STER.

Saat masih bernama VIJ, markas klub ini berada di Petojo, Jakarta. Sejumlah nama ikut membesarkan klub ibu kota ini.

Diantaranya tercatat dalam sejarah Persija Jakarta nama Husni Thamrin, yang diakui sebagai pahlawan nasional. Selain itu, ada juga nama Habib Kwitang, yang tercatat ikut membesarkan Persija.

Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1930, VIJ turut serta mendirikan organisasi persatuan sepak bola di Yogyakarta.

Persatuan sepakbola tersebut kemudian diberi nama PSSI dan diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Persija menjadi salah satu pendorong dalam pembangunan organisasi persatuan sepakbola tersebut.

Pada tahun 1931, VIJ nemulai pengalamannya untuk bertanding sepak bola secara resmi. Bahkan pada masa itu merupakan pertandingan resmi pertama yang pernah diikuti oleh VIJ.

Sejarah Persija Jakarta mencatat pertandingan yang mereka ikuti sebelumnya hanyalah pertandingan biasa saja alias tidak resmi. Namun, pada musim 1933, 1924 dan 1938 VIJ menjadi kampiun.

Pada tahun 1936 M.H. Thamrin turut menyumbangkan harta pribadinya untuk VIJ. M.H. Thamrin merupakan pendukung setia VIJ sejak lama. Sosok pahlawan nasional tersebut sangat mendukung penuh dengan adanya VIJ.

VIJ berdiri pada tahun 1928 dan berganti nama menjadi Persija sejak tahun 1954 hingga saat ini dengan suporternya Jakmania. Itulah sekelumit Sejarah Persija Jakarta. (GaluhID)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA