Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Sempat Ricuh, HMI Ciamis Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Tarif PDAM

Galuh ID – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Ciamis lakukan unjuk rasa di depan kantor PDAM Tirta Galuh Ciamis pada Rabu pagi (13/09/2018). Aksi tersebut sempat memanas karena saling dorong antara pengamanan Kepolisian Ciamis dengan massa aksi, namun kejadian tersebut bisa segera diredam.

Menurut keterangan Hendriawan Pirmansyah, Ketua HMI Cabang Ciamis aksi tersebut merupakan buntut dari rencana manajemen PDAM Tirta Galuh Ciamis yang akan menaikkan tarif antara 14% hingga 22% mulai bulan September 2018. Kenaikan tersebut dinilai HMI riskan di tengah-tengah masyarakat yang saat ini terbebani dengan berbagai kenaikan dan kebutuhan lainnya.

“Kami menolak dengan adanya kenaikan Tarif air bersih di PDAM Tirta Galuh Ciamis, keberadaan kami di sini bentuk dari ke ketidakpuasan konsumen PDAM Tirta Galuh terkait dengan kenaikan Tarif yang terjadi,” tegas Herndriawan.

Di waktu yang sama Hamsi Yudi Purwanto Kabag Keuangan PDAM Tirta Galuh Ciamis menjelaskan bahwa usulan kenaikan tarif air bersih tersebut sudah ada sejak 2 tahun yang lalu, namun dewan pengawas belum mengijinkan karena momentumnya belum tepat dan perlu kajian yang mendalam.

Sementara itu mengenai tuntunan HMI Cabang Ciamis, Purwanto menjelaskan jika kebijakan untuk membatalkan atau menangguhkan kenaikan tarif air bukan wewenang PDAM.

“PDAM itu dalam peraturan yang berlaku punya hak untuk mengusulkan ke Pemerintah Daerah, dengan landasan kajian-kajian peraturan yang berlaku maka kami melakukan penyesuaian tarif agar kontinuitas pelayanan kepada masyarakat terjaga,” pungkasnya.

(Fahmi)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Rangkul Gerakan Kepemudaan, BKKBN Jabar Sosialisasikan Program KB-KR

Bandung, galuh.id- Dalam rangka memperbaiki kualitas keluarga di Indonesia, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jawa Barat terus menyosialisasikan...

Pelatihan Kartu Prakerja Dihentikan, Berpotensi Korupsi?

Berita Nasional, galuh.id - Sejak 30 Juni lalu, pelatihan kartu Prakerja dihentikan. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan...

Tarif Listrik Naik 2 Kali Lipat? Ini Penjelasan PLN

Berita Nasional, galuh.id - Masyarakat dibuat kaget dengan adanya lonjakan tagihan listrik PLN pelanggan pascabayar. Keluhan pun sempat menggema di media sosial.

PSGC Ciamis Ingin Menang, PSCS Waspada: Ini Prediksinya

Berita PSGC, galuh.id - PSGC Ciamis akan menjamu PSCS Cilacap dalam lanjutan Liga 2 di Stadion Galuh Kabupaten Ciamis, Rabu (14/8/2019). Pertandingan...

Ternyata Hand Sanitizer Tidak Lebih Bagus dari Sabun, Ini Buktinya

Temuan mengejutkan, hand sanitizer tidak lebih bagus dari sabun. Pandemi COVID-19 menjadikan masyarakat panik karena penyebarannya yang luar biasa cepat.