Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:31
Sabtu, 16 Oktober 2021
More
    BJB

    Siap Ditahan Gantikan Habib Rizieq, Massa di Ciamis Datangi Polres

    Berita Ciamis, galuh.id – Kecewa dengan penahanan Habib Rizieq, ratusan umat islam di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendatangi Polres Ciamis, Minggu (13/12/2020). Kedatangan mereka untuk menyerahkan diri kepada pihak kepolisian setelah Rizieq Shihab ditahan di Polda Metro Jaya.

    Massa dari berbagai elemen masyarakat ini berkumpul di Masjid Agung Ciamis. Mereka kemudian bersama – sama melakukan aksi jalan kaki ke Polres Ciamis.

    Meski hujan deras mengguyur, ratusan umat islam tersebut terlihat tetap semangat melakukan aksi.

    Tiba di lokasi, massa pun langsung masuk ke halaman parkir Polres Ciamis dan melakukan orasi. Dalam orasinya, mereka menyatakan tak rela Habib Rizieq Shihab (HRS) dizalimi.

    Tak hanya itu, mereka juga menyatakan kesiapannya untuk menggantikan HRS di tahanan. Sebab, kedatangan mereka bermaksud untuk menyerahkan diri.

    Koordinator aksi, Wawan Malik Marwan, mengatakan aksi itu merupakan bentuk dukungan kepada HRS yang ditahan karena menimbulkan kerumunan di Petamburan, Jakarta.

    Massa aksi tersebut bersedia untuk ditahan menggantikan imam besar Habib Rizieq Shihab.

    ”Apabila imam besar disakiti. Kami siap berdarah-darah. Tuntutan kami hanya satu. Bebaskan Imam Besar kami,” ucap Wawan dalam orasinya.

    Habib Rizieq Dizalimi, Massa Siap Aksi Lanjutan

    Wawan pun menyatakan siap ke Jakarta apabila pihak kepolisian tidak segera membebaskan Pimpinan dari Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

    Menurutnya, kedatangan massa ke Jakarta pada saat itu bukan atas undangan atau ajakan HRS.

    Oleh karena itu ia menilai, massa yang ikut dalam kerumunan kala itu akan merasa berdosa jika hanya HRS yang ditahan.

    “Kami siap jadi penggantinya. Kami siap dihukum gantikan Rizieq Shihab,” ucapnya.

    Aparat kepolisian di Polres Ciamis, lanjut Wawan, tak ada hubungannya dengan penetapan tersangka dan penahanan HRS.

    Karena yang berwenang menangani kasus itu adalah Polda Metro Jaya. Ia juga menegaskan massa siap untuk melakukan aksi lanjutan jika HRS dizalimi.

    Selain orasi, massa aksi juga melaksanakan salat asar berjamaah di halaman Mapolres Ciamis. Juga melaksanakan doa bersama menuntut keadilan untuk HRS.

    Aksi protes ratusan umat islam di Ciamis terhadap penahanan HRS berjalan dengan aman dan lancar hingga selesai sore hari pada pukul 16.15 WIB.

    Massa aksi pun akhirnya pulang ke rumahnya masing-masing dengan menggunakan beberapa truk yang mengangkut mereka. (GaluhID/Evi)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    284PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan