Bupati Ciamis didampingi Wakil Bupati Ciamis saat sidak ke RSUD Ciamis, Senin (15/7/2019). Foto: Arul/GaluhID

Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya ditemani Wakil Bupati Yana D Putra melakukan sidak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis, Senin (15/7/2019) pagi.

Bupati Ciamis mengecek ruang Poli dan hasilnya banyak dokter tidak ada di tempat termasuk direktur RSUD Ciamis dr. H Aceng Solahudin belum ada di ruang kerjanya. Alhasil dengan kondisi tersebut banyak pasien menunggu dari Subuh dan belum bisa terlayani.

“Kami menemukan banyak pasien yang menunggu sejak Subuh sampai sekarang belum terlayani karena kedatangan dokter telat, hal tersebut sangat merugikan masyarakat yang akan berobat. Ini harus dievalusi menyangkut kedisiplinan kehadiran dokter dan pelayanan terhadap masyarakat,” ujar Herdiat Sunarya geram di sela-sela Sidak, Senin (15/7/2019).

Herdiat mengatakan kondisi tersebut sangat merugikan masyarakat yang harus menunggu lama hanya untuk berobat ke RSUD. Saat ini perlu dievaluasi secara menyeluruh agar tidak terjadi kembali seperti ini.

“Kami akan melakukan evaluasi secara menyeluruh, terutama dalam hal peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang ingin berobat ke RSUD, namun tadi saya temukan banyak alat-alat medis yang belum digunakan sesuai fungsinya dan dimanfaatkan untuk pelayanan terhadap masyarakat,” paparnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur RSUD Ciamis dr. Aceng Solahudin mengakui kondisi tersebut. Hal itu karena masih terbatasnya dokter di RSUD, terutama dokter spesialis. Seperti dokter THT, Ortopedi, Jantung dan Paru-paru masing-masing hanya ada satu dokter.

“Kami jelaskan memang ada beberapa dokter yang tidak ada itu sebelumnya sudah meminta izin, selain itu ada juga yang ke operasi dulu, juga ada dokter yang bukan jadwalnya. Termasuk yang melakukan visite ruangan,” ucapnya.

Pihaknya akan berusaha mendatangkan dokter baru supaya bisa lebih memadai, semua layanan dapat terlayani dengan baik. Juga akan mengintensifkan jadwal dokter. Guna mengatasi antrean sejak Subuh. RSUD dalam waktu dekat akan memberlakukan sistem pendaftaran online. Sehingga masyarakat tidak perlu menunggu lama di bagian Poli.

“Jadi pasien bisa daftar online pada malam harinya, nantinya akan tahu jadwal ada dokter. Tidak perlu lagi ngantri dari Subuh. Baru pasien datang ke rumah sakit setelah ada dokter. Secepatnya akan dilaksanakan,” tandasnya.(galuh.id/Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini