Ciamis, galuh.idRS Permata Bunda bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Ciamis melakukan simulasi kebakaran di halaman Rumah Sakit pada Kamis siang (3/01/2018). Dalam simulasi kebakaran ini sebagian karyawan Rumah Sakit Permata Bunda diberi arahan oleh Petugas Pemadam Kebakaran bagaimana menggunakan pemadam api ringan atau APAR.

Dari pantauan tim galuh.id para peserta simulasi kebakaran yang merupakan karyawan Rumah Sakit Permata Bunda ini terlihat antusias dan serius melaksanakan arahan tata cara memadamkan api menggunakan APAR sesuai intruksi Petugas Pemadam Kebakaran.

Seluruh karyawan Rumah Sakit Permata Bunda dan tim pemedam kebakaran kabupaten Ciamis setelah melaksanakan kegiatan pelatihan simulasi kebakaran di halaman Rumah sakit permata bunda

Dr. Nasica Calia Dandy selaku sekretaris kegiatan menyatakan bahwa simulasi kebakaran dilaksanakan agar ke depan seluruh karyawan Rumah Sakit Permata Bunda paham cara menggunakan APAR dan tahu cara menghadapi api apabila terjadi kebakaran skala kecil maupun besar.

“Kami berkordinasi dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis untuk bisa bekerjasama dalam kegiatan simulasi kebakaran ini,” ujarnya.

Simulasi kebakaran ini menurut Nasica, karyawan bukan hanya diberi tahu tata cara memadamkan api namun juga para karyawan Rumah Sakit Permata Bunda dibekali nomor telepon Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis.

“Nantinya apabila terjadi kebakaran karyawan sudah langsung mengetahui nomor telepon Pemadam Kebakaran dan bisa langsung menghubunginya,” terangnya.

Simulasi kebakaran ini baru pertama kali dilaksanakan di Rumah Sakit Permata Bunda, menurut Rara ke depan simulasi kebakaran akan dilaksanakan rutin setiap tahun untuk meningkatkan SDM karyawan Rumah Sakit Permata Bunda, selain juga untuk menjalin silaturahmi lebih erat dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebakaran dan Penyelamatan, Dudung Wahyu menyampaikan pihak Rumah Sakit Permata Bunda mengajukan diri untuk menggelar Simulasi Kebakaran yang dilaksanakan di halaman Rumah Sakit Permata Bunda.

“Kami dari pihak Pemadam Kebakaran Ciamis sangat antusias dengan kegiatan ini, sehingga kami langsung menyetujui kegiatan ini,” ujarnya.

Dudung menyatakan bahwa simulasi kebakaran yang diajukan oleh pihak RS Permata Bunda ini merupakan keuntungan untuk tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis karena dapat membantu tugas Pemadam Kebakaran di Kabupaten Ciamis, mengingat armada mobil kebakaran hanya ada 3 unit yang tentu saja tidak cukup untuk menanggulangi kebakaran di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis yang luas.

“Kami sudah mengajukan penambahan mobil pemadam kebakaran mudah-mudahan segera direaslisasikan agar penanggulangan kebakaran cepat teratasi,” pungkasnya.

(Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini