oleh

Sirup H. Edi, Minuman Khas Kuliner Ciamis

 
 

Ciamis, galuh.id – Sirup H Edi jadi salah satu minuman khas kuliner Ciamis. Sirup tersebut sudah ada dan terkenal sejak tahun 1980 dan menjadi buruan warga Ciamis, bahkan luar Ciamis.

Sirup H. Edi pada dasarnya adalah Es campur yang didalamnya terdapat berbagai buah  yang dicampur dengan susu dan sirup bikinan sendiri. Sirup H Edi terletak di kawasan Swadaya Ciamis dan memiliki cabang lainnya di wilayah Ciamis.

Lapak Sirup H. Edi selalu disambangi pemburu kuliner karena rasanya yang khas dan tidak ada di sirup lainnya. Rasa manis dan segar es campur H. Edi sudah melekat di lidah masyarakat Ciamis, sehingga sampai saat ini masih tetap bertahan. Walaupun bermunculan berbagai jenis kuliner modern.

“Alhamdulillah usaha sirup ini sudah sejak tahun 80-an, sampai dengan sekarang masih bertahan dan saat ini dikelola oleh saya karena bapak (H. Edi) saat ini diam di rumah, istirahat,” ujar Yamin, menantu H. Edi saat ditemui di lapaknya di kawasan Swadaya, Jumat sore (24/5/2019).

Yamin merasa bersukur sirup buatan mertuanya, H. Edi bisa bertahan sampai hari ini dan banyak direkomendasikan oleh pemburu kuliner di Ciamis.

“Saya sangat senang sirup buatan bapak bisa laku dan banyak diminati oleh para pelanggan dan saat ini menjadi rekomendasi sirup di Ciamis,” tuturnya.

Es campur H. Edi disajikan dalam mangkuk besar, dengan komposisi alpukat, kolang kaling, kelapa, tomat, dan lain-lain. Perbedaannya yaitu tape ketan hitam yang menambah rasa manis sekaligus segar di lidah. Semangkuk es campur harganya Rp. 12 ribu.

Sirup yang ditawarkan oleh H. Edi memiliki berbagai rasa dan warna seperti warna merah untuk rasa manis dan hijau rasa manis namun sedikit asam serta gula putih asli yang semuanya hasil racikan sendiri oleh H. Edi. 

“Sebetulnya sama saja dengan sirup es campur yang lainnya, namun rasanya beda dengan yang lain dan sudah banyak diterima oleh masyarakat. Setiap hari biasa buka dari siang. Namun di bulan puasa bukanya sore hari,” kata Yamin.

Rita, salah seorang pelanggan sirup Es Campur H. Edi, mengatakan dirinya sudah lama menjadi pelanggan. Rita mengaku tahu sirup H. Edi dari orang tuanya yang sudah lama jadi pelanggan.

“Rasanya itu beda dengan sirup es campur dengan yang lain, sirup ini memiliki rasa dengan ciri khas sendiri dan rasanya itu segar di mulut,” tuturnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA