Muhammad Hardi Mahardika Dalang Cilik siswa SMPN 1 Cihaurbeuti Ciamis. Foto: Istimewa

Cihaurbeuti, galuh.id – SMPN 1 Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pantas berbangga hati, pasalnya salah satu siswanya ahli memainkan wayang. Muhammad Hardi Mahardika (13), nama siswa tersebut sudah dikenal sebagai dalang cilik.

“Kami merasa bangga ada siswa baru yang memiliki keahlian memainkan wayang l, padahal siswa tersebut masih usia berusia 13 tahun, ini jarang-jarang yang seperti ini,” ujar Kepala Sekolah SMPN 1 Cihaurbeuti, Drs. Janan Junaedi MPd, Rabu (24/7/2019).

Janan mengatakan, SMPN 1 Cihaurbeuti memang menerima siswa melalui penyaluran bakat dan prestasi. Maka tak heran jika banyak siswa yang memiliki bakat unik masuk ke sekolah ini.

“Dalam penerimaan siswa baru melalui prestasi dan bakat, banyak siswa yang melanjutkan ke sekolah ini memiliki bakat yang bagus dan unik, salah satunya itu tadi, Muhammad Hardi Mahardika keahliannya memainkan wayang,” tuturnya.

Kata Janan, Mahardika ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar memang sudah dijuluki sebagai dalang cilik, bahkan Mahardika juga sering diundang dan manggung di beberapa acara.

“Dia sudah dijuluki dalang cilik di sekolahnya dulu, bahkan sering manggung di setiap acara, ini suatu kebanggaan bagi kami di sekolah dan nantinya akan bisa mengharumkan nama sekolah melalui keahliannya memainkan wayang,” ucapnya.

Potensi Mahardika yang unik tersebut, kata Janan, perlu dukungan dari semua pihak sehingga bakat yang dimilikinya dapat berkembang dan bisa mengharumkan nama SMPN 1 Cihaurbeuti, bahkan Kabupaten Ciamis.

“Kami akan dukung Hardi agar nanti ke depan bakatnya tersalurkan dengan baik dan berkembang,” tandasnya.

Pihak sekolah akan memfasilitasi potensi yang dimiliki Mahardika, salah satunya dengan membuat grup wayang. Rencananya Mahardika akan disatukan dengan anak-anak yang berbakat lainnya yang juga memiliki bakat dalam seni dan budaya.

“Kita akan fasilitasi mereka yang memiliki bakat dalam kesenian, nanti kita bikin grup wayang anak-anak di sekolah,” katanya.

Janan pun menuturkan, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis juga merespon dengan baik dan mendukung rencananya tersebut.

“Alhamdulilah pihak dinas pun merespon dengan baik dan mendukung pengembangan potensi dan bakat siswa,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini